Daftar Raksasa Tambang Asing Penguasa Harta Karun RI, Nomor 5 Keruk Miliaran Ton Emas

Rabu, 25 Mei 2022 - 15:26 WIB
3. Shell

Shell dikenal sebagai pesaing Pertamina dalam menjual produk Bahan Bakar Umum (BBM). Produk-produknya dibanderol sesuai harga pasar dan SPBU Shell banyak dijumpai di berbagai daerah.

Shell juga diketahui mengelola sejumlah proyek gas, salah satunya proyek raksasa kilang gas alam cair (LNG) Masela di Maluku. Namun, Shell memutuskan mundur dari proyek ini meskipun belum resmi.

4. ExxonMobil

ExxonMobil, perusahaan asal Texas, Amerika Serikat, berinvestasi di Indonesia dengan mengelola blok migas Cepu melalui Exxon Mobil Cepu Limited. Mengutip laman resmi ExxonMobil, perusahaan memegang 45% saham di blok Cepu hingga 2035 mendatang.

ExxonMobil juga mengembangkan proyek Banyu Urip sejak 2001 dengan estimasi produksi puncak mencapai 165 ribu minyak per hari. Pengelolaan proyek ini berada di bawah kontrak pengelolaan blok Cepu.

5. Freeport

Freeport perusahaan asing asal AS yang menguasai tambang emas dan tembaga di Papua, kini memang dimiliki oleh Indonesia dengan besaran saham 51%. Namun sebelumnya, Freeport sempat mengelola tambang di sana selama puluhan tahun.
(nng)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More