Siap-siap, Efek Penutupan Total Pipa Gas Rusia ke Eropa Tidak Terbayangkan

Kamis, 30 Juni 2022 - 01:08 WIB
Para pemimpin Eropa semakin khawatir tentang kemungkinan penutupan total pasokan gas dari Rusia. Jerman menyatakan, baru-baru ini bahwa mereka bergerak ke apa yang disebut "tingkat siaga" dari rencana gas daruratnya, seiring berkurangnya arus Rusia untuk memperburuk kekhawatiran kekurangan pasokan musim dingin.



Pada hari Kamis, Menteri Ekonomi Robert Habeck mengumumkan, bahwa Jerman akan pindah ke tahap dua dari rencana tiga tahapnya - sebuah indikasi bahwa ekonomi terbesar Eropa sekarang melihat risiko tinggi kekurangan pasokan gas jangka panjang.

UE menerima sekitar 40% gasnya melalui pipa Rusia dan berusaha dengan cepat mengurangi ketergantungannya pada hidrokarbon Rusia sebagai tanggapan atas serangan Kremlin selama berbulan-bulan di Ukraina.

Jerman, yang sangat bergantung pada gas Rusia, sebelumnya berusaha mempertahankan hubungan energi dengan Moskow.

"Ancamannya adalah bahwa akan ada pemutusan gas sebelum cadangan gas Eropa terisi dan itu akan menjadi ancaman bagi pertumbuhan Eropa dan akan menyebabkan penjatahan. Jadi Putin meletakkan kartunya di atas meja dan apakah dia menindaklanjuti ancaman itu, masih harus dilihat," kata Schott.
(akr)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More