Perkuat Praktik Tata Kelola, Pertamina Bergabung Menjadi Supporting Company EITI

Rabu, 23 November 2022 - 09:40 WIB
Ada 9 Ekspektasi yang harus dipenuhi EITI Supporting Company yakni (i) menjadikan Prinsip & Standar EITI sebagai standar tata kelola, (ii) membuat pengungkapan keuangan yang komprehensif, (iii) mengungkapkan pajak dan pembayaran kepada pemerintah, (iv) mengungkapkan volume yang diterima dan pembayaran yang dilakukan ketika melakukan transaksi migas, (v) mengungkapkan laporan keuangan yang telah diaudit, (vi) mengungkapkan secara transparan terkait Beneficial Ownership, (vii) mempublikasikan kebijakan anti-korupsi perusahaan, (viii) mempublikasikan dukungan pemerintah seperti kontrak dan lisensi, dan (ix) mempublikasikan kebijakan perusahaan terkait keberagaman gender di lingkungan kerja.

Sebelum bergabung menjadi EITI Supporting Company, Pertamina group telah berkomimen memenuhi standar EITI di negara pelaksana EITI tempat mereka beroperasi. Di Indonesia, laporan EITI disampaikan melalui Pertamina Hulu Energi sebagaimana dikoordinasikan oleh Kementerian ESDM. Di Irak, Gabon dan Tanzania, pelaporan dilakukan pemerintah masing-masing negara.

Mark Robinson, Direktur Sekretariat EITI Internasional mengatakan bahwa melalui komitmennya untuk memenuhi ekspektasi perusahaan pendukung EITI, Pertamina memiliki kesempatan untuk belajar dari praktik terbaik internasional dan menjadi pemimpin industri untuk mengadvokasi prinsip-prinsip EITI secara internasional, khususnya di kawasan Asia Pasifik.

"Saya mengucapkan selamat bergabung kepada Pertamina sebagai EITI Supporting Company dan saya senang dengan upaya Pertamina selama ini dalam mendorong tata kelola yang baik di sektor minyak dan gas," ucapnya.
(ars)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More