Pos Indonesia Dukung BNPP Jaga Kedaulatan Perbatasan NKRI Melalui Prangko dan Kodepos

Jum'at, 23 Desember 2022 - 16:27 WIB
“Prangko merupakan salah satu identitas negara. Apalagi jika prangko itu memuat situs atau bangunan untuk menegaskan wilayah kedaulatannya. Selain lewat Prangko Seri PLBN ini, Pos Indonesia memiliki kodepos yang juga merupakan penunjuk wilayah kedaulatan Indonesia,” kata Faizal dalam keterangan tertulisnya, Jumat (23/12/2022).

Menurut Faizal, kodepos digunakan untuk mengklasifikasikan pemetaan wilayah. Sistem pengkodean ini merupakan solusi dari banyaknya nama jalan maupun wilayah yang memiliki kesaamaan.

Di Indonesia kodepos terdiri dari 5 digit angka. Digit pertama menentukan zona pos, digit kedua dan ketiga merupakan kode kabupaten/kota, digit keempat merupakan kode kecamatan, dan digit kelima merupakan kode desa atau kelurahan. “Suatu daerah yang sudah memiliki kodepos menandakan bahwa daerah tersebut merupakan wilayah resmi NKRI,” kata Faizal.

Dalam kegiatan yang sama, Ketua Pengarah BNPP Mahfud MD mengatakan bahwa kodepos bukan hanya dapat mempermudah menunjukkan sebuah alamat, “Kodepos juga mempunyai fungsi administratif untuk perlindungan wilayah NKRI. Dari 17.504 pulau di Indonesia, terdapat 104 pulau yang dikategorikan sebagai pulau terluar. Sedangkan 17.400 pulau lainnya sudah dihuni. Salah satu hal yang dapat menunjukkan kedaulatan kita di wilayah-wilayah ini ialah keberadaan kodeposnya,” ujar Mahfud.
(dar)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More