Tingkatkan Kesejahteraan UMKM lewat Pasar Digital

Senin, 26 Desember 2022 - 17:38 WIB
(foto: pixabay)
JAKARTA - Online bank mendorong digitalisasi UMKM untuk memperluas pasar produk UMKM. Digitalisasi membuka peluang besar untuk memperluas pemasaran produk UMKM melalui media digital. Apalagi dukungan digitalisasi perbankan yang memudahkan transaksi pembayaran. Layanan online banking adalah fasilitas yang diberikan oleh bank untuk memperlancar transaksi dari nasabah tanpa harus datang ke kantor, bahkan bisa dilakukan dari rumah.

Tips Sukses dan Cara Mengembangkan UMKM Bertahan di Pasar Digital

Penggunaan digitalisasi dalam berbagai sektor tidak selalu berdampak positif. Bagi yang tidak cepat mengadopsinya justru akan semakin tertinggal dan kalah dalam persaingan usaha. Ini yang menyebabkan banyak pengusaha gulung tikar setelah semakin majunya digitalisasi.

Namun bagi yang tanggap bisa membuka berbagai peluang usaha dan mendorong kemajuan bisnis. Agar tidak tertinggal, pelaku usaha harus segera memanfaatkan fasilitas dan keunggulan digitalisasi tersebut. Bahkan dengan perencanaan dan penanganan yang tepat bisa membuat bisnis semakin berkembang dan menguntungkan.

Sebelumnya, untuk dapat memanfaatkan perkembangan teknologi, pelaku usaha, termasuk UMKM perlu mengeluarkan upaya agar dapat menggunakannya dengan baik. Berikut tips dan cara mengembangkan usaha UMKM agar bertahan di pasar digital.



1. Tetapkan tujuan

Langkah pertama yang harus dilakukan pebisnis adalah menentukan tujuan dari usaha. Apakah hanya untuk mengisi waktu atau mempunyai target penghasilan tertentu. Jika mempunyai target penghasilan maka harus mulai Menyusun strategi sehingga bisa mendapatkan keuntungan maksimal.

Digitalisasi dalam semua sektor bisa membantu untuk lebih mengenalkan produk sehingga banyak peminatnya. Untuk menaikkan keuntungan bisa dengan efisiensi biaya produksi dan pengelolaan atau meningkatkan jumlah penjualan. Peningkatan jumlah penjualan membutuhkan modal untuk menyediakan produk. Hal ini perlu mendapat pertimbangan.

2. Pahami perilaku konsumen
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More