Jangan Kaget ya! Naik-Turun Harga BBM Bakal Diumumkan Seminggu Sekali

Selasa, 24 Januari 2023 - 20:10 WIB
loading...
Jangan Kaget ya! Naik-Turun Harga BBM Bakal Diumumkan Seminggu Sekali
Penyesuaian harga BBM akan rencananya akan diumumkan seminggu sekali. Ilustrasi foto/MPI/Aldhi Chandra
A A A
JAKARTA - Pemerintah berencana mengumumkan penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM) seminggu sekali. Wacana ini masih dalam tahap sosialisasi agar mayarakat memiliki pemahaman dan tidak panikjika terjadi perubahan harga.

Wakil Menteri BUMN I, Pahala Nugraha Mansury menyatakan, harga BBM khususnya Jenis BBM Umum (JBU) sangat bergantung pada harga minyak mentah dunia.

Sehingga, fluktuasi harga minyak dunia akan mempengaruhi harga Jenis BBM Umum atau di luar dari Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) hingga Jenis BBM Tertentu (JBT) atau BBM bersubsidi.

"Sesuai arahan Pak Erick dan Menteri ESDM bahwa bagaimana kita bisa melihat harga BBM itu kan tergantung selama harga minyak dunia," ujarnya saat ditemui di Gedung DPR, Selasa (24/1/2023).



Pahala memastikan akan ada penyesuaian harga Jenis BBM Umum. Perkara naik atau turun, hal itu tergantung pada harga minyak mentah dunia.

"Penyesuaian BBM, ya memang kalau dulu, misalnya penyesuaiannya ke atas, saat ini bisa penyesuaian ke bawah, tapi nantinya ke atas lagi, ya itu bagian dari konsekuensi ini, sosialisasi ini," tuturnya.



Sebelumnya, ihwal pengumuman harga BBM seminggu sekali ini memang diusulkan oleh Menteri BUMN Erick Thohir, khususnya untuk harga BBM jenis Pertamax. Hal itu karena harga BBM RON 92 tersebut mengikuti harga pasar.

“Agar harga Pertamax di Indonesia bisa diumumkan tiap minggu supaya sesuai dengan harga pasar,” kata Erick beberapa waktu lalu.

(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0957 seconds (0.1#10.140)