Industri Properti Optimistis Dampak Pandemi hanya Temporer

Selasa, 14 Juli 2020 - 17:17 WIB
loading...
Industri Properti Optimistis Dampak Pandemi hanya Temporer
Sektor properti diyakini akan kembali tumbuh di akhir tahun seiring meredanya dampak pandemi Covid-19. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Krisis global pandemi corona (Covid-19) memukul aktivitas ekonomi global, termasuk Indonesia. Kendati pertumbuhan sektor properti yang membaik pada akhir 2019 ikut terpukul dampak pandemi di awal 2020, para pelaku industri ini optimistis akan terjadi pertumbuhan di akhir 2020.

"Pandemi Covid-19 itu bersifat temporer, sedangkan kebutuhan hunian senantiasa meningkat karena jumlah penduduk semakin bertambah," ujar Direktur Utama PT Adhi Commuter Properti (ACP) Rizkan Firman di Jakarta, Selasa (14/7/2020).

Dia mengatakan, ACP optimistis terhadap permintaan pasar yang tinggi terhadap hunian yang terintegrasi transportasi (Transit Oriented Development/TOD). Hunian berkonsep TOD ini memang selaras dengan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2018 tentang Rencana Induk Transportasi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi tahun 2018-2029.

Dalam rencana induk tersebut, pemerintah mengatur pengurangan penggunaan kendaraan pribadi dan memacu orang untuk menggunakan transportasi publik.

(Baca Juga: Sektor Perumahan Dinilai Strategis Dorong Pemulihan Ekonomi)

Direktur Pemasaran ACP Indra Syahruzza bahwa prospek hunian berkonsep TOD di tahun 2020 sangat bagus. Alasannya, transportasi massal semakin berkembang, seperti MRT, LRT dan kereta cepat. Sehingga, masyarakat semakin sadar terhadap kelebihan-kelebihan hunian yang dekat atau bahkan terintegrasi langsung dengan transportasi massal seperti produk hunian dari LRT City.

Saat ini, lanjut dia, ACP menggarap LRT City Bekasi-Eastern Green, hunian berkonsep TOD yang berada di kawasan Bekasi Timur. LRT City Bekasi-Eastern Green merupakan kawasan hunian yang terintegrasi dengan transportasi publik (Transit Oriented Development/TOD) dengan luas 1,4 hektare.

"Di masa pandemi Covid-19 ini, kami melakukan protokol kesehatan yang memperhatikan higienitas dan kesehatan sejak masuk ke kawasan kami," ujarnya.

Indra menambahkan bahwa LRT City Bekasi-Eastern Green memperhatikan keamanan saat pandemi seperti desain furniture yang berjarak di area fasilitas umum, lift passenger dengan tanda untuk posisi berdiri, flow antrian masuk lobi maupun lift yang berjarak sesuai dengan aturan social distancing.

"Saat ini LRT City Bekasi-Eastern Green memiliki dua tower, yakni Tower Primrose dan Tower Clove. Untuk Tower Primrose telah diserahterimakan pada bulan Juli 2020," ungkapnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1506 seconds (0.1#10.140)