Waspadai Inflasi, Jokowi Minta Menteri Awasi Beras hingga Minyak Goreng

Selasa, 31 Januari 2023 - 06:12 WIB
loading...
Waspadai Inflasi, Jokowi Minta Menteri Awasi Beras hingga Minyak Goreng
Presiden Jokowi menggelar rapat terbatas (ratas) bersama Wapres Maruf Amin dan sejumlah menteri di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (30/1/2023). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan jajarannya untuk mewaspadai inflasi dan memastikan harga-harga kebutuhan pokok tetap terkendali.

Dalam rapat terbatas (ratas) bersama Wapres Ma'ruf Amin dan sejumlah menteri di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (30/1), Jokowi menegaskan kembali kepada para pembantunya di cabinet agar untuk melihat betul dan mewaspadai hal-hal yang berkaitan dengan inflasi serta kenaikan harga-harga barang serta jasa.

"Yang pertama urusan beras, yang kedua yang berkaitan dengan minyak goreng dilihat betul," ujar Jokowi dalam keterangannya, dikutip Selasa (31/1/2023).

Sebelumnya, Kepala Negara juga kerap menyampaikan arahannya agar inflasi pada tahun 2023 dapat ditekan hingga di bawah 5% dan hal ini memerlukan kerja bersama yang solid.



Jokowi menekankan bahwa peluang untuk mengendalikan inflasi sangat bisa dilakukan. Keyakinan itu diperoleh usai dirinya keluar-masuk pasar mengecek harga.

Sementara itu, Menko bidang Perekonomian Airlangga Hartarto usai mengikuti ratas menyatakan bahwa pemerintah terus mendorong daya beli masyarakat untuk menjaga inflasi di daerah. Pada saat yang sama, pemerintah juga memantau sektor transportasi dan komoditas pangan.



"Pemerintah mendorong daya beli masyarakat, menjaga inflasi di daerah, yang dimonitor di bulan Januari ini memang salah satunya adalah sektor transportasi dalam hal ini transportasi udara,” ucapnya.

“Kedua, terkait dengan beberapa komoditas yang diperhatikan, termasuk harga beras yang seperti di bulan Desember kemarin sehingga pemerintah akan terus memonitor situasi ketersediaan stok dan harga beras," tandas Airlangga.

(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1106 seconds (0.1#10.140)