Perusahaan Raksasa Tambang Rio Tinto Minta Maaf Atas Hilangnya Kapsul Radioaktif

Selasa, 31 Januari 2023 - 08:36 WIB
loading...
Perusahaan Raksasa Tambang Rio Tinto Minta Maaf Atas Hilangnya Kapsul Radioaktif
Perusahaan raksasa tambang, Rio Tinto mengaku menyesal dan minta maaf atas hilangnya kapsul radioaktif di Australia Barat yang bikin gempar. Foto/Dok
A A A
PERTH - Perusahaan raksasa tambang , Rio Tinto mengatakan, sedang bekerja dengan pihak berwenang untuk mencoba menemukan kapsul radioaktif yang hilang di Australia Barat. Pihak perusahaan minta maaf karena telah membuat banyak orang panik.

"Kami menyadari ini jelas sangat memprihatinkan dan minta maaf atas bahaya yang ditimbulkannya," kata perusahaan seperti dikutip dari BBC.



Kapsul itu mengandung sejumlah kecil radioaktif Caesium-137, yang dapat menyebabkan penyakit serius jika disentuh. Lokasi hilangnya kapsul Radioaktif itu yakni antara Newman dan kota Perth,dimana jaraknya sekitar 1.400 km (870 mil).

"Pihak otoritas terkait mendukung sepenuhnya, kami juga telah melakukan penyelidikan internal kami sendiri untuk memahami bagaimana kapsul itu bisa hilang dalam perjalanan," kata kepala eksekutif Iron Ore Rio Tinto, Simon Ttrott dalam sebuah pernyataan.

"Sebagai bagian dari penyelidikan ini, kami bekerja sama dengan kontraktor untuk lebih memahami apa yang salah dalam kasus ini," tambahnya.

Pihak perusahaan menjelaskan, kapsul itu meninggalkan tambang Gudai-Darri di Australia Barat pada 12 Januari. Lalu kapsul tersebut dilaporkan hilang pada 25 Januari, meskipun masih belum jelas berapa lama barang itu hilang.

"Rio Tinto melibatkan kontraktor pihak ketiga, dengan keahlian dan sertifikasi yang sesuai, untuk mengemas perangkat dengan aman sebagai persiapan untuk transportasi di luar lokasi sebelum diterima di fasilitas mereka di Perth. Sebelum perangkat meninggalkan situs, Geiger Counter digunakan untuk mengkonfirmasi keberadaan kapsul di dalam paket," bebernya.

Geiger Counter adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk mendeteksi dan mengukur radiasi. Sementara itu pejabat negara bagian telah mengeluarkan peringatan radiasi di sebagian besar wilayah Australia Barat.

Pihak berwenang sekarang sedang mencari kapsul perak, yang hanya berdiameter 6mm (0,24 inci) dan panjang 8mm, dalam rute dari Newman - sebuah kota kecil di wilayah Kimberley yang terpencil - ke fasilitas penyimpanan di pinggiran timur laut Perth.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1128 seconds (0.1#10.140)