Manajemen HR Efektif, Organisasi Bakal Kompetitif, Produktif dan Efesien

Selasa, 31 Januari 2023 - 16:16 WIB
loading...
Manajemen HR Efektif, Organisasi Bakal Kompetitif, Produktif dan Efesien
Executive Chairman MNC Group, Hary Tanoesoedibjo saat memberikan arahan dan motivasi di Forum MNC Group HR Summit 2023 dengan tema Be a Strategic Business Partner in Digital Transformation and Agile Organization di MNC Conference Hall, iNews Tower. Foto
A A A
JAKARTA - Human Resources merupakan bagian penting dalam suatu organisasi. Manajemen HR yang baik, akan membuat organisasi atau perusahaan menjadi lebih kompetitif, produktif serta efesien.

Hal itu ditegaskan Executive Chairman MNC Group, Hary Tanoesoedibjo saat memberikan arahan dan motivasi di Forum MNC Group HR Summit 2023 dengan tema "Be a Strategic Business Partner in Digital Transformation and Agile Organization" di MNC Conference Hall, iNews Tower, di Jakarta, Selasa, (31/1/2023).

“Memberikan pengarahan kepada team HR (Human Resources) MNC Group - Non Media, mulai tingkat supervisor sampai Direksi. HR adalah bagian penting di dalam organisasi. HR management yang efektif akan membuat organisasi menjadi competitive, productive dan efficient,” ujar Hary, Selasa (31/01/2023).



Hary menekankan, pentingnya pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang tepat. "Saya ingin menegaskan bahwa HR itu sangat penting. Ada hal-hal yang perlu diketahui dalam job desknya. Pertama, HR harus tahu visi organisasi. Ini kunci supaya untuk lanjut ke tahap berikutnya,” papar Hary.

Menurutnya, seorang HR yang mengemban amanah dalam bisnis motion digital harus tahu arahnya mau kemana. Sebab, jika tidak demikian, bisnis ini tidak akan jalan sesuai yang diharapkan.

Manajemen HR Efektif, Organisasi Bakal Kompetitif, Produktif dan Efesien


Selanjutnya, setelah mengetahui visi organisasi, buat bisnis modelnya. Jika bisnis model sudah terbentuk, HR akan mudah menentukan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan. "Kalau sudah tahap itu, lalu tentukan kualifikasi sumber daya manusia yang dibutuhkan seperti apa. Karena kalau tidak ditentukan kualifikasinya, SDM-nya nggak tepat," jelas Hary.

Adapun tahapan job desk terakhir, HR harus tahu penggabungan gaji pegawai dengan skill dan tarif jasa sesuai dengan pasar. "Bisa juga tambahan bonus," jelasnya.

Tak lupa, Hary juga menekankan, bahwa HR harus mengerti soal kultur kerja. Sebab, dinamika industri saat ini sangat luar biasa. Jika dulu itu untuk perubahan bisa long time namun sekarang serba cepat. "Kalau kita tidak dinamis, kultur kita tidak positif, kita bisa ketingglan. Saya harapkan semua HR harus paham ini," sambungnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1648 seconds (0.1#10.140)