Sri Mulyani Ungkap Ciri-ciri Negara Maju: Tidak Ada Infrastruktur yang Bobrok

Kamis, 02 Februari 2023 - 13:31 WIB
loading...
Sri Mulyani Ungkap Ciri-ciri Negara Maju: Tidak Ada Infrastruktur yang Bobrok
Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan ciri-ciri negara maju. FOTO/Antara Photo
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan selama 50 tahun hanya 20 negara yang mampu lepas dari jebakan pendapatan rendah hingga menengah atau low-midlle income menjadi pendapatan tinggi atau high income. Seperti di Asia banyak negara yang pendapatannya sempat naik lalu turun lagi atau tetap berada di tengah-tengah, seperti Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Indonesia.

"Jadi bagaimana caranya menjadi negara maju, ciri-ciri yang pertama pasti SDM-nya bagus. Lalu sistem pendidikannya bagus, sistem kesehatannya bagus, banyak anak-anak di eskpose melihat cakrawala dunia," ujar Sri Mulyani dalam Kuliah Umum Ketahanan Ekonomi dalam Perspektif Lokal, Nasional dan Global secara virtual di Jakarta, Kamis (2/2/2023).



Tak hanya itu, mereka juga diberikan dana untuk melakukan research and development, paham mengenai isu-isu penting, dan berbagai hasil risetnya dipatenkan. Dari paten ini kemudian dibuat produk-produk yang bisa masuk ke dalam industri.

"Tidak ada negara high income yang infrastrukturnya bobrok. Inilah alasan Presiden Jokowi membangun infrastruktur, karena kalau infrastrukturnya bagus, maka mobilitas masyarakat juga akan terdorong," kata dia.



Tidak hanya itu, untuk menjadi high income perlu membangun institusi dan sistem. Di samping itu tidak ada peraturan yang ruwet. "Sistem pun tidak tiba-tiba jadi, melainkan dibangun melalui berbagai macam pengetahuan dari negara lain," kata dia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1165 seconds (0.1#10.140)