Bikin Ruang Lebih Luas, Harmonisnya Perpaduan Putih dan Kayu

Rabu, 15 Juli 2020 - 10:36 WIB
loading...
Bikin Ruang Lebih Luas, Harmonisnya Perpaduan Putih dan Kayu
Foto/dok
A A A
JAKARTA - Ruangan berkonsep warna putih ternyata masih menjadi pilihan favorit pemilik rumah. Selain akan tampak lebih luas, warna putih tentunya memberi kesan bersih dan segar.

Namun, menurut arsitek Amirullah dari Architectaria, sebagian besar ruang putih akan terasa ringan jika tidak ada elemen lain yang ada di tanah. Kayu adalah elemen desain sangat baik untuk dipilih agar konsep putih ini tidak membosankan. Aksen kayu sangat bervariasi dari paling terang seperti kayu birch ke kenari yang paling gelap.

“Keseimbangan visual dalam interior putih dan kayu sangat berharga. Ketika warna-warna dimatikan dan paletnya rapat. Salah satu keindahan serat kayu adalah dapat berdiri sendiri sebagai aksen, aksesori, atau karya seni tunggal di ruangan putih,” katanya. (Baca: Kalah Jumlah, Mustahil Pesawat Tempur Siluman J-2 China Bisa Kalahkan F-35 AS)

Salah satu desain dengan memberikan efek air terjun dari kayu di langit-langit yang turun ke dinding menciptakan sudut nyaman di ruangan lebih besar. Jangan lupa juga perabotan putih membuat area sudut itu sendiri terasa cerah dan segar. Menggabungkan putih dan kayu di dapur juga menjadi perpaduan sempurna untuk ruangan ini yang secara inheren menyatukan kehangatan dengan kebersihan. Ditambah dengan desain unik pada lantai menggunakan kayu tradisional. Ini membuat ruangan terasa lebih luas ditambah palet putih yang menyertainya.

Menurutnya, tidak ada salahnya pemilik rumah memperkenalkan elemen sederhana ke ruang yang sepenuhnya modern. Seperti menambahkan meja kayu di ruang makan. Suatu cara yang bagus untuk menambah dimensi dan kontras. “Aksen kayu yang dipilih dengan baik menciptakan kedalaman untuk ruang dan menarik perhatian pada detail arsitektur yang mungkin terlewatkan,” katanya. (Baca: Bukannya Siap Kerja, Lulusan SMK Justru Mendominasi Pengangguran)

Aksen kayu juga bisa divariasikan di ruang putih, misalnya lantai kayu lebih gelap dan countertop kayu yang lebih terang. Perpaduan itu akan menciptakan kesan sederhana serta modern secara bersama di ruangan.

Furnitur berbingkai kayu di ruang putih dapat membantu konsep ini. Kayu dengan warna sedang hingga gelap tidak terkalahkan daya tariknya yang hangat serta menawan, bahkan di tengah kepungan konsep kontemporer.

“Namun yang lebih suka kontras, kayu sangat pucat, pirang, dan bahkan putih memiliki efek menyederhanakan yang menakjubkan pada ruang putih bersih. Biarkan papan kayu meningkatkan arsitektur,” ungkapnya.

Variasikan arah butiran kayu untuk mendapatkan aksen kayu menarik, tapi tetap konsisten secara visual. Amirullah mengingatkan, untuk menambah faktor mewah dari kesederhanaan putih dan kayu dengan memasukkan netral logam ke dalam ruang. Elemen alami, tetapi menghadirkan juga dimensi unik, yakni bersinar efek logam. (Lihat videonya: Banjir Bandang di Kabupaten Luwu Hancurkan Akses Jalan Desa)

Selain itu, sebagai penunjang, pilih pintu geser gaya gudang untuk lemari kamar tidur agar dapat mengubah keadaan. Kombinasi putih dengan kayu memang sangat menyegarkan. Pasangkan kombinasi itu dengan sentuhan tepi industri, seperti pilar beton agar semakin terlihat modern. (Ananda Nararya)
(ysw)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3215 seconds (10.101#12.26)