Kisah Papua Muda Inspiratif, Raup Puluhan Juta dari Ternak Ayam Petelur

Rabu, 08 Februari 2023 - 15:30 WIB
loading...
Kisah Papua Muda Inspiratif, Raup Puluhan Juta dari Ternak Ayam Petelur
Deputi IV Bidang Intelijen Ekonomi BIN Made Kartikajaya bertemu Maria Fransisca Tambingon yang kini menjadi peternak sukses. FOTO/dok.Istimewa
A A A
JAYAPURA - Kiprah Papua Muda Inspiratif (PMI) dalam memajukan entrepreneurship di kalangan anak muda membuahkan hasil. Tak tanggung-tanggung, seorang finalis kontes kecantikan didorong menjadi pengusaha yang lebih sukses di bidang yang jarang digeluti perempuan, yakni beternak ayam petelur.

Perempuan itu adalah Maria Fransisca Tambingon, Finalis Puteri Indonesia 2014, mewakili Papua. Perempuan kelahiran Biak, 11 Oktober 1995 itu, terus mengembangkan diri dan mengembangkan usaha ayam petelurnya bersama PMI. Mulai menggeluti peternakan sejak akhir tahun 2021, kini Maria memiliki keuntungan sekitar belasan sampai puluhan juta per bulan, dari sekitar 4000 ekor ayam petelur yang dipeliharanya.

"Saya pengusaha, dan sebelumnya Puteri Indonesia di tahun 2014," tutur Maria di lokasi peternakan di Koya Kosso, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Rabu (8/2/2023).



Dia menyampaikan hal itu saat menerima kunjungan Deputi IV Bidang Intelijen Ekonomi BIN, Made Kartikajaya, yang juga Pembina PMI, ke peternakan ayam miliknya. Maria mengaku senang usahanya dapat ditinjau langsung oleh Made Kartikajaya.

"Saya sangat bangga sekali, terima kasih sudah melihat ke tempat usaha saya ini," ujar Maria yang juga Wakil Ketua PMI Provinsi Papua tersebut.

Maria mengajak anak muda di Tanah Papua untuk mengikuti jejaknya, berkolaborasi dan mengembangkan diri di PMI, sekaligus berkontribusi bagi kemajuan Papua.

Perempuan yang pernah bermain film berjudul 'Boven Digoel' ini menyatakan ingin terus mengembangkan diri, mengembangkan usahanya, serta berbagi ilmu yang didapatinya baik sebagai pengusaha maupun sebagai pemudi berprestasi Papua.

"Teman-teman muda Papua yang punya keinginan mengembangkan usaha dan mengembangkan potensi diri, jangan ragu untuk bergabung dalam PMI," ungkap Maria yang juga menjadi Juara 3 dalam ajang pemilihan Duta Entrepreneur HIPMI Nasional tahun 2022.

PMI setidaknya kini sudah mengembangkan 17 lokasi peternakan ayam petelur di Provinsi Papua dan Papua Barat. Bahkan direncanakan akan dibangun lagi 10 lokasi peternakan ayam dalam waktu dekat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1037 seconds (0.1#10.140)