Pasokan Gas Bumi Pabrik Urea di Papua Barat Dijamin Aman

Rabu, 08 Februari 2023 - 16:15 WIB
loading...
Pasokan Gas Bumi Pabrik Urea di Papua Barat Dijamin Aman
Menteri ESDM Arifin Tasrif bersama Kepala SKK Migas Dwi Soetijpto menyaksikan penandatanganan HoA untuk jual beli gas bumi antara PKT dan Genting Oil di Sheraton Surabaya. FOTO/dok.Istimewa
A A A
JAKARTA - Pasokan gas bumi untuk memenuhi kebutuhan proyek pembangunan kawasan industri pupuk di Fakfak, Papua Barat dijamin aman. Hal itu diperkuat melalui penandatanganan Head of Agreement (HoA) untuk jual beli gas bumi antara PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) dan Genting Oil Kasuri Pte Ltd (GOKPL) di Sheraton Surabaya.

"Hal ini dilakukan sehubungan dengan adanya penambahan potensi produksi gas di Lapangan Asap, Merah dan Kido wilayah Kasuri Papua Barat. Gas ini diperuntukkan untuk membangun satu pabrik pupuk di Papua," ujar Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif melalui pernyataannya, Rabu (9/2/2023).



Arifin menyambut baik penandatangan HoA tersebut sebagai salah satu upaya mendukung pembangunan proyek pembangunan kawasan industri pupuk di Fakfak Papua Barat. Arifin kolaborasi tersebut dapat memberikan nilai tambah dan berkontribusi kepada penerimaan negara di masa mendatang untuk kesejahteraan masyarakat.

Sementara Direktur Utama PKT Rahmad Pribadi mengatakan, kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari ditetapkannya pembangunan pabrik pupuk urea di Papua Barat sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) oleh pemerintah Indonesia. Yang kemudian diamanatkan kepada PKT.

"PKT tentunya siap melaksanakan tugas yang sudah diamanahkan. Kita harapkan dengan kerja sama ini, nantinya dapat dipastikan bahwa pasokan gas bumi aman guna memenuhi kebutuhan proyek pembangunan kawasan industri pupuk di Fakfak Papua Barat," tutur Rahmad Pribadi.

Dia berharap pembangunan Pabrik Papua Barat ini menjadi langkah besar yang sudah ditargetkan PKT dalam fase pertumbuhan 40 tahun kedua.

"Insyaallah HUT ke-50 nanti pengantongan perdana Urea di kawasan industri ini bisa terealisasi," kata dia.

Mengingat gas bumi merupakan salah satu komponen yang sangat diperlukan dalam industri petrokimia dan pupuk maka kerja sama antara PKT dan Genting Oil ini tentunya akan membantu memastikan stabilitas dan keberlanjutan produksi pupuk dalam negeri.

"Kami harapkan pembangunan pabrik ini akan menjadi salah satu penopang kemandirian pupuk dalam negeri dan memastikan tercapainya ketahanan pangan nasional," tambah Rahmad.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1840 seconds (0.1#10.140)