Deretan Bisnis Milik Chairul Tanjung, Transmart hingga Warunk Upnormal Sepi Banyak yang Tutup

Kamis, 09 Februari 2023 - 16:55 WIB
loading...
Deretan Bisnis Milik Chairul Tanjung, Transmart hingga Warunk Upnormal Sepi Banyak yang Tutup
Chairul Tanjung, orang terkaya peringkat keenam di Indonesia versi Forbes. FOTO/Forbes
A A A
JAKARTA - Chairul Tanjung adalah sosok penting di balik gurita bisnis CT Corp yang membawahi Mega Corp, Trans Corp, dan CT Global Resources. Tiga bisnis itu bergerak dalam layanan media, ritel, gaya hidup, hiburan, finansial, properti hingga sumber daya alam.

Gurita bisnis CT tengah menjadi perbincangan hangat pasca PT Trans Retail Indonesia atau Transmart hingga Warunk Upnormal menutup sejumlah gerai. Sedikitnya ada 12 gerai Transmart yang sudah tutup secara permanen pada 2022. Sejumlah gerai tersebut di antaranya Transmart Mangga Dua Square, Jakarta Utara, Transmart ITC Permata Hijau Jakarta Selatan, Transmart Mal Ambasador Jakarta Selatan, dan beberapa gerai lainnya. Adapun total gerai Transmart yang tutup sejak 2021 hingga awal 2023 mencapai 39 gerai.

Penutupan sejumlah gerai diamini Vice President Corporate Communication Transmart Satria Hamid. Penutupan gerai Transmart tersebut lantaran efek pandemi yang mendorong masyarakat lebih memilih belanja online sehingga dilakukan efisiensi. "Yang pasti ini masalah serius, bahwa memang kita dihadapkan di masa pandemi itu sendiri. Bisa dibilang biang keroknya. Jadi opsi tutup itu adalah serangkaian opsi terakhir yang kita lakukan," ungkap Satria.

Deretan Bisnis Milik Chairul Tanjung, Transmart hingga Warunk Upnormal Sepi Banyak yang Tutup

Penampakan salah satu Transmart di Jakarta terlihat sepi pengunjung. FOTO/Ikhsan PSP

Meski diterpa isu penutupan, sejumlah bisnis ritel kekayaan taipan berjuluk si Anak Singkong ini masih melimpah ruah. Berdasarkan laporan Forbes, Chairul Tanjung menduduki peringkat keenam orang terkaya di Indonesia dengan harta kekayaan mencapai USD5,2 miliar setara Rp78,6 triliun. Berikut deretan bisnis milik Chairul Tanjung yang ada di Indonesia.

1. Media

Chairul Tanjung merupakan bos dari beberapa media ternama. Sejumlah perusahaan media di bawah naungan CT Corp antara lain adalah Trans TV, Trans 7, Detik Network, CNBC Indonesia, CNN Indonesia, dan Transvision Channels.

2. Keuangan

Lingkup bisnis dalam bidang keuangan meliputi perbankan, capital market, asuransi dan multi finance. Melalui PT Mega Corpora, keluarga CT merupakan pemegang saham pengendali Bank Mega. Mega Corpora mempunyai kepemilikan saham Bank Mega Syariah. Chairul Tanjung juga mempunyai saham BPD Sulutgo dan BPD Sulteng. Tak hanya itu, Chairul Tanjung juga memiliki Mega Insurance, PFI Mega Life, Mega Asset dan Mega Capital Sekuritas. CT juga belum lama ini mendirikan bank digital bernama Allo Bank Indonesia.

3. Properti dan Taman Bermain
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1130 seconds (0.1#10.140)