Kendalikan Inflasi, Jokowi Minta Kepala Daerah Rajin Blusukan ke Pasar Cek Harga Sembako

Kamis, 09 Februari 2023 - 18:45 WIB
loading...
Kendalikan Inflasi, Jokowi Minta Kepala Daerah Rajin Blusukan ke Pasar Cek Harga Sembako
Presiden Jokowi saat turun ke pasar mengecek harga sembako di Pasar Bakti, Medan, Sumatera Utara. FOTO/dok.Istimewa
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepala daerah rajin turun ke pasar untuk mengendalikan inflasi. Stabilitas harga sembako di pasar sangat dipengaruhi peran dan kontrol oleh kepala daerah.

"Ya ini kan peran gubernur, bupati, wali kota semuannya terus ikut ngecek di pasar-pasar tidak hanya urusan makro tapi mikro juga di kontrol yang penting itu," kata Jokowi usai meninjau Pasar Bakti, Medan, Kamis (9/2/2023).



Pemerintah, kata Jokowi, secara transparan membuka data inflasi guna memacu setiap pemerintah daerah untuk bekerja keras mengatasi inflasi di daerahnya. Dirinya mengatakan, setiap minggu pemerintah terus memonitor perkembangan inflasi di setiap daerah.

“Setiap minggu kita cek setiap kabupaten, kota, dan provinsi inflasi berapa, siapa yang paling tinggi, siapa yang paling rendah, semuanya kita buka sekarang ini. Sehingga semuanya bekerja keras, berkompetisi untuk menurunkan inflasi yang menjadi momok semua negara,” kata Jokowi.

Menurut Presiden, hingga saat ini masih ada sejumlah provinsi dengan nilai inflasi yang berada di atas angka nasional. Meski demikian, Kepala Negara menilai secara keseluruhan inflasi di Indonesia masih dapat dikendalikan dengan baik. “Ada satu, dua provinsi saja nilai inflasi di atas nasional, tapi saya kira sangat baik,” tambahnya.



Sementara itu, terkait stok bahan pangan di pasar, Jokowi kembali mengingatkan bahwa infrastruktur menjadi hal yang penting dalam rangka mendukung proses distribusi barang.

“Ada 514 kabupaten/kota, ada 17 ribu pulau, mendistribusikannya kadang-kadang. Artinya ini masalah distribusi yang kadang-kadang terganggu di lapangan. Entah karena cuaca, entah karena kondisi jalan, sehingga yang namanya infrastruktur menjadi sangat penting,” tandas Jokowi.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1317 seconds (0.1#10.140)