Fokus Pulihkan Parekraf, Kerajaan Mempawah Anugerahi Sandiaga Uno Gelar Pangeran

Jum'at, 10 Februari 2023 - 18:47 WIB
loading...
Fokus Pulihkan Parekraf, Kerajaan Mempawah Anugerahi Sandiaga Uno Gelar Pangeran
Menparekraf Sandiaga Uno dianugerahi gelar Pangeran Nata Yasa Wangsa oleh Kerajaan Mempawah. FOTO/MNC Media
A A A
MEMPAWAH - Fokus pulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif nasional, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno dianugerahi gelar Pangeran Nata Yasa Wangsa oleh Kerajaan Mempawah.

Penobatan gelar kebangsawanan itu disampaikan langsung Baginda Raja Mempawah ke-13, Pangeran Ratu Mulawangsa Mardan Adijaya Kesuma Ibrahim di Istana Amantubillah, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat pada Jumat (10/2/2023).

Penobatan gelar tersebut dilakukan karena Sandiaga Uno dinilai telah berhasil memimpin Kemenparekraf dalam mendukung pemulihan perekonomian Indonesia pasca pandemi covid-19.

"Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Baginda Raja atas nama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, kami juga memberikan apresiasi kepada Dinas Pariwisata Pemprov dan Ibu Bupati Mempawah yang terus melestarikan budaya sebagai daya tarik wisata dan produk ekonomi kreatif kita," ungkap Sandiaga Uno.



Dalam kesempatan tersebut, dirinya mengaku sangat mendukung pelestarian alam dan budaya yang dilakukan Kerajaan Mempawah. Tak hanya melestarikan kearifan lokal, upaya yang dilakukan dinilainya mampu menjadi daya tarik wisata yang menarik.

Dengan begitu, roda perekonomian berputar lewat terciptanya peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat Mempawah. "Kami sangat mendukung pelestarian budaya ini dan juga ada hutan kota yang nanti akan menjadi daya tarik wisata, mudah-mudahan bisa dikembangkan dalam sebuah kolaborasi, sehingga tercipta peluang usaha dan lapangan kerja bagi 300.000 masyarakat Kabupaten Mempawah," ujarnya berharap.



Atas hal tersebut, Sandiaga Uno mengungkapkan pihaknya mendukung penuh seluruh upaya pengembangan sektor parekraf Kabupaten Mempawah yang berkualitas dan berkelanjutan. Mengingat, Kabupaten Mempawah memiliki beragam komunitas kreatif yang harus didukung lewat pola inovasi, adaptasi dan kolaborasi.

Di antaranya lewat sejumlah program Kemenparekraf, seperti Anugerah Desa Wisata Indonesia, Kabupaten dan Kota Kreatif dna lainnya. "Juga ada nantinya infrastruktur ekonomi kreatif yang didukung dalam bentuk penguatan daya tarik wisata dan ekonomi kreatif dengan Dana Alokasi Khusus," ungkap Sandiaga Uno. "Ini akan kami koordinasikan dengan pimpinan Kabupaten (Mempawah) dan Provinsi (Kalimantan Barat)," tutupnya.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1176 seconds (0.1#10.140)