Pameran Kerajinan Tangan Terbesar di ASEAN Akan Kembali Digelar

Sabtu, 11 Februari 2023 - 10:27 WIB
loading...
Pameran Kerajinan Tangan Terbesar di ASEAN Akan Kembali Digelar
Pameran kerajinan tangan terbesar di ASEAN bakal digelar lagi Maret mendatang. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - INACRAFT , pameran kerajinan tangan terbesar di ASEAN, kembali diselenggarakan tahun ini. Menghadirkan 1.222 booth berbagai produk, transaksi INACRAFT ditargetkan bisa menembus USD12 juta dolar atau setara Rp182,14 miliar.



INACRAFT 2023 menjadi tahun kedua penyelenggaran pameran kerajinan yang digelar dalam dua kali setahun, setelah di tahun 2022. Rencananya INACRAFT 2023 akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC), pada 1-5 Maret 2023. Dan pada Oktober 2023 di JCC pada 2-6 Oktober 2023. Rencananya INACRAFT 2023 bakal dibuka oleh Presiden Joko Widodo.

Pameran INACRAFT diprakarsai oleh Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (Asephi) dan bekerja sama dengan PT Mediatama Binakreasi. Ketua Umum DPPAsephi Muchsin Ridjan menyatakan, penyelenggaran tahun ini baik dari sisi tenant/booth maupun masyarakat sangatlah antusias, terbukti dari booking-an 1.222 booth sudah full.

“Kami sangat mengharapkan sekali INACRAFT bisa terselenggara rutin. Kami dari Asephi sejak 22 tahun lalu menyelenggarakannya. INACRAFT saat ini telah menjelma sebagai wadah dari komunitas kerajinan dan bukan hanya sekadar pameran saja,” ucapnya dalam acara Technical Meeting The 23rd Jakarta International Handicraft Trade Fair-INACRAFT 2023, di JCC, Senayan, Jakarta, dikutip Sabtu (11/2/2023).

Muchsin meyakini, penyelenggaraan INACRAFT menjadi upaya dari para perajin dan pelaku UMKM kerajinan untuk terus bangkit dan terus berkembang. Tak hanya di dalam negeri, tetapi juga go ekspor secara global. Sebab diakuinya, industri kerajinan Tanah Air belum berkembang seperti yang diharapkan. Terutama craft murni yang masih butuh perjuangan, seperti kerajinan batu dan kayu.

“Kami berupaya sebagai ujung tombak dari sisi penjualan dan pemasaran. Kami harapkan bisa terus bangkit. Dan kami tidak bisa sendiri butuh dukungan dan kerja sama berbagai pihak. Kerajinan ini adalah budaya bangsa yang mesti dilestarikan. Untuk itu pada penyelenggaraan INACRAFT juga akan digelar seminar terkait budaya dan craft,” tegasnya.

Muchsin mengapresiasi support pemerintah dengan partisipasi beberapa kementerian yang terkait. Termasuk BUMN yang ikut berpartisipasi dan BNI menjadi pendukung utama.

Di kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal BPP Asephi sekaligus PO INACRAFT Baby Jurmawati Djuri mengatakan, target transaksi INACRAFT 2023 pada penyelenggaraan Maret nanti diharapkan bisa mencapai USD12 juta dolar.

“Harapannya minimal sama dengan penyelenggaraan tahun 2019 yaitu sebelum pandemi Covid-19. Termasuk dengan jumlah pengunjung yang ditargetkan sebesar 60 ribu sampai 70 ribu, setengah dari biasanya kunjungan mencapai 150 ribu pengunjung,” ucap Baby.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1837 seconds (0.1#10.140)