Petani Milenial Pasok Hasil Pertanian ke Pasar Induk Sidotopo Surabaya

Sabtu, 18 Februari 2023 - 19:55 WIB
loading...
Petani Milenial Pasok Hasil Pertanian ke Pasar Induk Sidotopo Surabaya
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi berdialog dengan sejumlah pengunjung setelah meresmikan Pasar Induk Sidotopo Surabaya (PISS) di Kecamatan Semampir, Surabaya, Jawa Timur. Pasokan pangan khususnya hortikultura didukung oleh petani milenial binaan Polbangtan
A A A
JAKARTA - Para petani milenial dan wirausahawan muda pertanian binaan Kementerian Pertanian (Kementan) di Jawa Timur memasok hasil pertanian ke Pasar Induk Sidotopo Surabaya. Hasil pertanian yang dipasok tersebut terutama berupa produk hortikultura.

Hal itu diungkapkan Direktur Pasar Komoditas Nasional (Paskomnas) Hartono Wignjopranoto pada peresmian Pasar Induk Sidotopo Surabaya (PISS) oleh Wali Kota Eri Cahyadi di Surabaya, belum lama ini.

Direktur Paskomnas Hartono Wignjopranoto mengatakan pihaknya telah menjalin kerja sama dengan banyak pihak, termasuk menggandeng petani milenial binaan Youth Enterpreneurship and Employment Support Services Programme (YESS) dari Politektik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Malang.

(Baca juga:Membangkitkan Petani Milenial)

“Kami telah koordinasi dengan Polbangtan Malang yang menangani petani milenial di Jatim, untuk diarahkan dalam mengatur pola tanam agar pasokan pangan ke PISS teratur dan terjamin,” kata Hartono dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (18/2/2023).

Hartono mengharapkan kerja sama tersebut bisa menciptakan sistem agribisnis dari hulu hingga ke hilir, sehingga dapat menghasilkan komoditas yang diminati pasar.

Direktur Polbangtan Malang Setya Budhi Udrayana mengatakan melalui kerja sama dengan Paskomnas, diharapkan sektor pertanian, khususnya di Jawa Timur ke depan akan lebih maju dan berkembang.

(Baca juga:Peran Petani Milenial Dongkrak Perekonomian)

“Kepercayaan Paskomnas pada Polbangtan Malang didasari pada komitmen bagi regenerasi pelaku pertanian oleh para milenial yang ingin memajukan usahanya,” kata Setya BU yang akrab disapa Uud.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan PISS diharapkan dapat menjadi sentral kulakan bahan pangan masyarakat sehingga dapat mendukung pengendalian inflasi, lantaran pasokan pangan sudah terjamin. “Berarti, nanti seluruh pasar di Surabaya itu ngambilnya (kulakan) ya di pasar induk, sehingga bisa mencegah inflasi,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1059 seconds (0.1#10.140)