Profil Rafael Alun Trisambodo, Pejabat Pajak yang Anaknya Aniaya Pria di Jaksel

Rabu, 22 Februari 2023 - 18:06 WIB
loading...
Profil Rafael Alun Trisambodo, Pejabat Pajak yang Anaknya Aniaya Pria di Jaksel
Nama Rafael Alun Trisambodo, pejabat kantor pajak, menjadi sorotan publik hingga menteri akibat kasus penganiayaan yang melibatkan sang anak. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Sosok Rafael Alun Trisambodo, pejabat kantor pajak , menjadi sorotan publik hingga menteri. Pemicunya adalah ulah sang anak, Mario Dandy Satriyo alias MDS yang viral di media sosial lantaran terlibat penganiayaan terhadap seorang pria di Jakarta Selatan (Jaksel).

Rafael diketahui merupakan pejabat di Kantor Wilayah Administrasi Perpajakan Jaksel. Kabar keterlibatan putera Rafael dalam pengeroyokan terhadap korban bernama David di Pesanggrahan, Jaksel, pun ramai diperbincangkan di jagat maya.

Kabar terkini terus diunggah akun Twitter @LenteraBangsa_. Sebelumnya, akun ini mengabarkan bahwa Dandy merupakan anak dari Rafael Alun Trisambodo, Direktur Umum Kantor II Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jakarta Selatan. Disebutkan bahwa dugaan penguntitan terjadi pada Senin (20/2) di kawasan perumahan Green Permata, Jaksel.



Menyusul kasus ini, sosok Rafael Alun Trisambodo jadi buah bibir dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pun ikut angkat bicara bahkan mengecam keras kejadian tersebut.

Rafael merupakan pejabat di Kantor Wilayah Ditjen Pajak Jakarta Selatan II. Mengutip siaran pers Kemenkeu tanggal 24 Agustus 2020 perihal pelantikan Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Kemenkeu, nama Rafael Alun Trisambodo ada di daftar nama pejabat pada Kantor Wilayah DJP Jakarta Selatan II dengan posisi sebagai Kepala Bagian Umum.

Sebelum menjabat sebagai Kepala Bagian Umum DJP Jakarta Selatan, dia pernah menjabat Direktur Cabang Intelijen dan Penyidikan Kanwil DJP I Jawa Tengah. Selain itu, jabatan Kepala Penelitian Penagihan Pajak dan Penagihan Pajak Kanwil DJP Jawa Timur I juga pernah disandangnya.



Lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (UI) 2002 itu dikabarkan kerap memberantas penerbit faktur fiktif yang dilakukan para pengusaha untuk mengurangi jumlah nilai pajak yang harus dibayar.

Kini Rafael Alun Trisambodo tengah menjadi perbincangan banyak orang dan ikut kena getah dari kelakuan sang anak. Bahkan, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani ikut mengecam keras tindak penganiayaan itu. Akibat penganiayaan tersebut, korban yang bernama David dikabarkan mengalami luka serius dan dirawat di rumah sakit.(MG/Tazakka Artesa Hidayat)

(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3323 seconds (0.1#10.140)