Inilah 3 BUMN Tertua di Indonesia, Umurnya sampai Ratusan Tahun

Senin, 27 Februari 2023 - 17:46 WIB
loading...
Inilah 3 BUMN Tertua di Indonesia, Umurnya sampai Ratusan Tahun
Terdapat sejumlah BUMN tertua di Indonesia yang perlu diketahui. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah BUMN tertua di Indonesia yang perlu diketahui. Salah satunya adalah bank terkemuka di tanah air.

Pada perkembangannya, Badan Usaha Milik Negara atau BUMN terus mengalami pertumbuhan pesat. Saat ini, tercatat mereka memiliki cukup banyak perusahaan yang terbagi menjadi berbagai klaster industri.

Dari sekian banyak, beberapa di antaranya diketahui memiliki riwayat yang cukup panjang dalam perjalanannya. Hal ini menempatkannya dalam daftar BUMN tertua di tanah air.

Baca juga : BUMN-BUMN Ini Segera Dimerger untuk Bentuk Holding BUMN Pangan

Berikut tiga BUMN tertua di Indonesia.

1. PT Pos Indonesia

PT Pos Indonesia menjadi salah satu BUMN tertua di Indonesia. Mengutip laman resminya, kantor pos pertama didirikan di Batavia oleh Gubernur Jenderal G.W Baron van Imhoff pada tanggal 26 Agustus 1746.

Saat itu, tujuan dari kantor pos tersebut adalah menjamin keamanan surat-surat penduduk, terutama bagi mereka yang berdagang dari luar Jawa. Sebelum menjadi BUMN, Pos Indonesia sempat beberapa kali mengalami perubahan status.

Pernah bernama Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (PN Postel), mereka berganti kembali menjadi Perusahaan Negara Pos dan Giro (PN Pos dan Giro) pada 1965. Barulah pada 1995, statusnya menjadi Perseroan Terbatas dengan nama PT Pos Indonesia (Persero).

Nama tersebut masih bertahan sampai sekarang. Seiring waktu, keberadaan Pos Indonesia tetap eksis dan tetap memiliki para pengguna layanannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2313 seconds (0.1#10.140)