Menparekraf Tingkatkan Kriya Kabupaten Toba Demi Capai Target 4,4 Juta Lapangan Kerja

Senin, 27 Februari 2023 - 19:45 WIB
loading...
Menparekraf Tingkatkan Kriya Kabupaten Toba Demi Capai Target 4,4 Juta Lapangan Kerja
Menparekraf Sandiaga Uno terus berupaya meningkatkan subsektor kriya di kabupaten Toba agar bisa masuk nominasi UNESCO Creative Cities Network. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno terus berupaya meningkatkan subsektor kriya di kabupaten Toba agar bisa masuk nominasi UNESCO Creative Cities Network.

Hal itu disampaikan saat menghadiri kegiatan Kelana Nusantara di Pizza Andaliman, kabupaten Toba, Sumatra Utara, Minggu (26/2).

“Kelana Nusantara kita hadirkan seiring dengan F1 Powerboat untuk memastikan subsektor kriya kabupaten Toba bisa kita tingkatkan dan siapa tahu dengan usaha kita bersama, ini bisa masuk ke dalam nominasi UNESCO Creative Cities Network," ujarnya, dikutip Senin (27/2/2023).

Kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk aktivasi dari program Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia.
Sejak tahun 2021 Danau Toba sudah uji petik penilaian mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia dan subsektor kriya sebagai potensi ekonomi kreatif di kabupaten Toba.

Dalam kesempatan yang sama, Sandiaga juga mendengarkan hal yang menjadi harapan dan dampak dari gelaran F1 Powerboat 2023 sehingga ke depannya ajang berkelas dunia ini semakin meningkatkan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi untuk membuka peluang usaha dan lapangan kerja.

“Target Presiden Jokowi tahun 2024 sebanyak 4,4 juta lapangan kerja baru bisa terwujud. Kami ingin UMKM sebagai pencipta 97% lapangan kerja kita, menciptakan produk-produk yang kreatif dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat”, tuturnya.



Sejalan dengan hal itu, anggota Komisi XI DPR RI, Sihar Sitorus, menyatakan dukungannya atas upaya pemerintah dalam mendorong pelaku ekonomi kreatif agar terus bertumbuh.

“Kita akan support sebanyak mungkin. Kita juga ada program, memang tidak sebanyak Kemenparekraf, namun kita ingin mencari potensi-potensi baru, ini kita dorong supaya menjadi inspirasi bagi lainnya," ungkap Sihar.



Kemenparekraf/Baparekraf juga sangat mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Toba yang secara konsisten berupaya untuk mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif melalui kolaborasi akademisi, pelaku bisnis, komunitas, pemerintah, dan media (ABCGM) dengan terus menghadirkan gelaran yang mampu menarik minat wisatawan mancanegara maupun dalam negeri, serta merangkul pelaku ekonomi kreatif untuk terus bangkit bersama.

(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1714 seconds (0.1#10.140)