Konsisten Menerapkan Digitalisasi Keselamatan di Area Pertambangan

Senin, 27 Februari 2023 - 12:48 WIB
loading...
Konsisten Menerapkan Digitalisasi Keselamatan di Area Pertambangan
Konsisten menerapkan digitalisasi dan teknologi keselamatan di area pertambangan dengan menetapkan pedoman bekerja aman dan selamat serta memanfaatkan teknologi. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Perusahaan kontraktor PT Pamapersada Nusantara (PAMA), konsisten menerapkan digitalisasi dan teknologi keselamatan di area pertambangan . Sebagai dasar dalam membentuk budaya Keselamatan Pertambangan, karyawan PT Pamapersada Nusantara menetapkan keyakinan mengenai keselamatan (safety beliefs) dan menetapkan pedoman bekerja aman dan selamat atau dikenal dengan 6PAS.



Lalu ada juga aplikasi untuk mendukung program tersebut meliputi Fit to work prediction, Camera supervision, Mobile inspections dan GPS, radar & proximity technology.

"Sebagai dasar dalam membentuk budaya Keselamatan Pertambangan, karyawan PAMA menetapkan keyakinan mengenai keselamatan (safety beliefs) dan menetapkan pedoman bekerja aman dan selamat atau dikenal dengan 6PAS. ungkap Kepala Divisi SHE PAMA, Herjadi Budiman dalam sebuah diskusi).

Konsisten Menerapkan Digitalisasi Keselamatan di Area Pertambangan


Dalam Fit to work misalnya, kata Herjadi, perusahaan memanfaatkan fitur yang ada di smart watch yang bisa mendeteksi jam tidur karyawan. Melalui teknologi ini, perusahaan bisa memonitor dan mengetahui pekerja saat berada di lapangan agar tidak terjadi kecelakaan kerja akibat kurang tidur.

“Karena di tambang itu lokasinya bahaya, ada namanya fit to work, anda sudah siap bekerja belum, salah satu parameternya adalah tidurnya berapa lama. Tubuh kita itu kaya baterai. Kita tidak ada powerbank dan harus tidur. Jadi kita harus menetapkan, harus tidur 7 jam,” beber dia.



Perusahaan juga memiliki kamera supervision yang mampu membaca gelagat operator saat mengoperasikan alat berat. Jika mereka mengantuk, kamera akan memberi peringatan ke petugas yang mengawasi.

“Kamera supervision kita terapkan di kendaraan operasional. Alat ini dipasang supaya bisa membaca operator sedang fatigue. Jadi akan melihat wajah. Misalnya dia merem, atau berkedip lama, atau terlalu sering, dia akan memberi indikasi atau alert. Atau ketika enggak pakai safety belt, kamera akan bekerja dan memberi peringatan ke kita,” imbuhnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1922 seconds (0.1#10.140)