Heboh Kasus Rafael Alun Trisambodo, Sri Mulyani Ogah Disebut Ada Tikus di Lumbung Pajak

Selasa, 28 Februari 2023 - 13:59 WIB
loading...
Heboh Kasus Rafael Alun Trisambodo, Sri Mulyani Ogah Disebut Ada Tikus di Lumbung Pajak
Menkeu, Sri Mulyani enggan menggunakan, perumpamaan Tikus dalam Lumbung Padi untuk menggambarkan kasus eks pejabat eselon III Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kemenkeu, Rafael Alun Trisambodo (RAT). Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan atau Menkeu, Sri Mulyani Indrawati enggan menggunakan, perumpamaan 'Tikus dalam Lumbung Padi' untuk menggambarkan kasus eks pejabat eselon III Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Rafael Alun Trisambodo (RAT) .

"Kenapa? Nanti netizen bilang 'lumbung padinya dimakan semua', jadi saya enggak mau pakai lumbung padi," ungkap Sri Mulyani dalam Economic Outlook 2023 di Jakarta, Selasa (28/2/2023).



Pertama, dia menyebut bahwa dirinya sangat prihatin, bagaimanapun dari sisi kemanusiaan yang adil dan beradab, kejadian kekerasan ini adalah sesuatu yang tidak bisa dibenarkan.

"Jadi kami sebagai institusi, tapi ini ya juga bukan institusi, tapi kami dari sisi kemanusiaan dan dari sisi keprihatinan, ya kita sebagai manusia harus menunjukkan itu," tambahnya.

Hal itu menjadi alasan kepada dirinya pergi ke Rumah Sakit (RS) untuk bertemu dengan orang tua David dan berbicara juga dengan Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas yang ternyata juga sangat dekat sekali.

"Jadi kami kemudian menyampaikan rasa prihatin, bahkan saya merasa perlu untuk menyampaikan maaf. Menurut saya ini adalah sebuah humility, kerendahan hati yang sepantasnya dilakukan," ujarnya.



Kedua, Sri Mulyani menegaskan bahwa masalah proses hukumnya harus dilakukan. Menurut dia, itu juga sesuatu dimana masyarakat akan melihat penuh, apapun yang dilakukan oleh orang tua untuk keadilan bagi David.

"Ketiga, ini merembet kemana-mana, kemudian gaya hidup, dan ternyata happened to be orang dari pajak. Maka muncul banyak sekali. Era media sosial, kita harus terima. Ini adalah sebuah realita bagi kami pejabat publik dan institusi publik, itu adalah suatu realita yang harus kita terima dan juga sebagai sesuatu yang harus kita kelola. Jadi dari reaksi masyarakat yang luar biasa, ada sisi positifnya," pungkas Sri Mulyani.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1731 seconds (0.1#10.140)