Hati-hati Main Kripto, Bappebti Minta Masyarakat Lakukan Ini agar Tak Tekor

Rabu, 01 Maret 2023 - 09:04 WIB
loading...
Hati-hati Main Kripto, Bappebti Minta Masyarakat Lakukan Ini agar Tak Tekor
Investasi di aset kripto penuh dengan risiko. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi ( Bappebti ) Didid Noordiatmoko meminta masyarakat memahami sifat dan karakteristik aset kripto . Pemahaman itu penting agar masyarakat bisa mendapatkan manfaatnya secara optimal dan mencegah kerugian.



“Sesuai sifatnya, nilai aset kripto sangat volatile, bisa saja nilainya mengalami peningkatan ataupun penurunan yang sangat drastis dalam kurun waktu pendek. Memang perdagangan atau sering disebut investasi aset kripto mengandung risiko tinggi,” tegas Didid saat menutup Bulan Literasi Aset Kripto di Jakarta, Selasa (28/2/2023).

Dengan penggunaan teknologi blockchain, Didid meminta masyarakat lebih cepat beradaptasi mengikuti perkembangan perdagangan aset kripto. Seperti penyesuaian berbagai regulasi dalam mengatur ekosistem penyelenggaraan aset kripto yang wajar dan adil.

"Selain itu juga mengutamakan perlindungan terhadap masyarakat sebagai pelanggan,” ujarnya.

Didid juga menyampaikan pendirian ekosistem aset kripto yang terdiri atas bursa kripto, kliring, dan kustodian. Proses panjang yang dilakukan Bappebti dalam pendirian bursa kripto bertujuan untuk menciptakan bursa yang mampu memberikan perlindungan kepada masyarakat dan dapat meliterasi masyarakat dengan lebih baik.



“Bappebti tidak mungkin berjalan sendirian. Bappebti membutuhkan masukan dari kementerian/lembaga pemerintahan serta masyarakat terkait mengenai tata kelola perdagangan aset kripto,” tandas Didid.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3199 seconds (0.1#10.140)