Jokowi Groundbreaking PLTA Mentarang, Nilai Investasi Capai Rp40 Triliun

Rabu, 01 Maret 2023 - 12:46 WIB
loading...
Jokowi Groundbreaking PLTA Mentarang, Nilai Investasi Capai Rp40 Triliun
Presiden Jokowi groundbreaking PLTA Mentarang di Kaltara, Rabu, 1 Maret 2023. FOTO/Tangkapan Layar/Youtube
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu pertama(groundbreaking) Proyek Strategi Nasional (PSN) Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Mentarang Induk PT Kayan Hydropower Nusantara, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara (Kaltara), Rabu, 1 Maret 2023. Dengan kegiatan ini maka pengerjaan PLTA Mentarang segera dimulai.

"Hari ini saya sangat senang sekali karena PLTA Mentarang Induk dimulai pekerjaannya, dimulai konstruksinya," kata Jokowi dalam sambutannya dikutip melalui YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (1/3/2023).



Jokowi juga senang pengerjaan PLTA Mentarang dilakukan oleh konsorsium Indonesia dan Malaysia. Hal itu membuktikan makna saudara serumpun yang bisa bekerja sama dengan baik.

"Dan kita harapkan nanti 7 tahun lagi akanselesai. Dan kita harapkan betul-betul memberikan manfaat pada Kabupaten Malinau, kepada Provinsi Kalimantan Utara, dan pada seluruh rakyat kita Indonesia," kata Jokowi.

Jokowi menjelaskan bahwa PLTA Mentarang terintegrasi dengan kawasan hijau di Kawasan Kalimantan Industrial Park Indonesia (KIPI). Produk-produk yang dihasilkan pun diharapkan produk hijau.

"Produk-produk yang emisi karbonnya rendah, yang memiliki harga yang premium tapi kompetitif. Karena energinya dari energi hijau dari sungai Mentarang di kabupaten Malinau," jelasnya.



Presiden mengungkapkan bahwa kawasan PLTA Mentarang tersambung dengan KIPI kurang lebih jaraknya hampir 300-an kilometer. Keduanya nanti disambungkan oleh tranmisi, dan menurut Jokowi itu bukan pekerjaan yang mudah. Adapun nilai investasi mencapai USD2,6 miliar atau Rp40 triliun. "Sebuah nilai yang sangat besar sekali," jelasnya.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1203 seconds (0.1#10.140)