Usai Rafael Alun, Giliran 69 Pegawai Kemenkeu Bakal Diperiksa Asal Usul Hartanya

Rabu, 01 Maret 2023 - 19:55 WIB
loading...
Usai Rafael Alun, Giliran 69 Pegawai Kemenkeu Bakal Diperiksa Asal Usul Hartanya
Mantan pejabat Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo usai menjalani pemeriksaan terkait Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) miliknya senilai Rp 56 miliar. Foto/Yulianto, SINDO Photo
A A A
JAKARTA - Terungkap ada 69 Pegawai Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang belum melaporkan hartanya secara lengkap pada situs LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara) . Terkait hal itu, puluhan pegawai Kemenkeu itu nantinya bakal diperiksa hari ini Rafael Alun Trisambodo (RAT) diperiksa KPK.

"Jadi total ada 69 gawai yang tidak clear, selanjutnya akan kami panggil untuk kami lakukan pemeriksaan," ujar Irjen Kemenkeu, Awan Nurmawan Nuh dalam konferensi pers di kantornya, Rabu (1/3/2023).

Awan menjelaskan, ada 33 pegawai Kemenkeu yang LHKPN tahun 2019 nya tidak sesuai. Kemudian, ada 36 pegawai yang LHKPN tahun 2020 nya tidak sesuai.

Sehingga totalnya ada 69 pegawai yang belum melaporkan kelayakannya secara lengkap, meskipun kejanggalan sudah berselang 2 tahun lebih dan baru dipanggil saat ramai kasus pegawai pejak suka pamer harga.

"Kami sampaikan bahwa untuk tahun 2019 LHK artinya yang dilaporkan tahun 2020 itu ada 33 pegawai tidak clear. Kemudian untuk LHK 2020 atau pelaporan 2021 ada 36 pegawai yang tidak clear," sambungnya.



Seperti diketahui, belakangan terungkap pejabat di tubuh Kemenkeu yang kerap memamerkan harta kekayaan lewat sosial media. Kasus pertama terungkap dari Rafael Alun Trisambodo (RAT) pejabat eselon III Ditjen Pajak, dan pejabat Eselon III Ditjen Bea Cukai, Eko Darmanto (ED).

RAT memiliki kekayaan yang dilaporkan dalam situs LHKPN sebesar Rp56 miliar. Jika mengacu pada situs laporan kekayaan tersebut, artinya RAT punya harta yang hampir sama dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani sebesar Rp58 miliar.

Sedangkan ED, belakangan diketahui kerap memamerkan gaya hidup yang mewah di akun media sosial. Mulai dari foto bersama pesawat terbang, moge, dan lainnya.

"Foto pesawat terbang dari keterangan yang bersangkutan itu adalah diambil dalam rangka latihan pesawat terbang, milik federasi, sedangkan moge adalah pinjaman," pungkasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1085 seconds (0.1#10.140)