PKD Gunakan Motor Roda 3 dari MNC Peduli untuk Pemasaran Produk Karya Penyandang Disabilitas

Kamis, 02 Maret 2023 - 19:38 WIB
loading...
PKD Gunakan Motor Roda 3 dari MNC Peduli untuk Pemasaran Produk Karya Penyandang Disabilitas
Ketua MNC Peduli Jessica Tanoesidibjo (dua kanan) menerima cenderamata karya kreatif penyandang disabilitas binaan PKD di MNC Financial Center, Jakarta, Kamis (2/3/2023). Foto/MPI/Cahya Puteri Abdi Rabbi
A A A
JAKARTA - MNC Peduli memberikan dukungan kepada Planet Kreatif Disabilitas (PKD) kabupaten Bandung Barat dalam bentuk perlengkapan usaha berupa motor bak roda tiga. Motor ini diharapkan bisa bermanfaat sebagai sarana mobilitas usaha.

Sebagai informasi, merupakan wadah bagi para penyandang disabilitas dalam mengembangkan kreativitasnya secara inklusi di bidang kerajinan tangan (craft) dan kuliner.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Ketua MNC Peduli, Jessica Tanoesoedibjo kepada Sri Dustirawati selaku Kepala Dinas UMKM Pembina pelaku usaha PKD di MNC Financial Center, Kebon Sirih, Jakarta, hari ini.

Ketua Planet Kreatif Disabilitas, Dian Rosita mengungkapkan, bantuan berupa motor roda tiga sudah digunakan oleh para pelaku UMKM binaan PKD untuk operasional pemasaran produk.

"Jadi ada teman kami yang dari disabilitas juga yang sudah bisa menggunakan motor itu, dia berkeliling untuk menjual produk UMKM untuk dititip di toko, kemudian motor juga digunakan untuk membawa bambu untuk bahan pembuatan botol minum," ungkapnya saat ditemui usai acara 'Serah Terima Donasi MNC Peduli' di MNC Financial Center, Kamis (2/3/2023).

Dian mengakui saat ini baru ada dua orang yang bisa mengendarai motor roda tiga untuk operasional. Namun, ke depannya akan ada pelatihan, sehingga lebih banyak lagi yang dapat menggunakan kendaraan tersebut. "Nanti akan kami latih supaya teman-teman binaan bisa mengoperasikan motor roda tiga yang dari MNC," tuturnya.



Dia menambahkan, produk Planet Kreatif Disabilitas berupa botol minum atau tumbler dari bambu pun sudah dipasarkan ke berbagai daerah di Indonesia.

PKD juga memasarkan produknya melalui paltform jual beli online dan menitipkannya di gerai-gerai, serta menerima pesanan souvenir dari berbagai perusahaan.

Adapun, pemasaran produk dilakukan melalui kerja sama dan dukungan pemangku kepentingan. Selain itu, PKD juga menjalin kerja sama dengan pengusaha bambu yang pangsa pasarnya sudah luas, sehingga dapat memperluas jangkauan pasar hingga ke luar negeri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3413 seconds (0.1#10.140)