Erick Thohir Terima Gelar Kehormatan Doktor Honoris Causa dari Universitas Brawijaya

Jum'at, 03 Maret 2023 - 12:00 WIB
loading...
Erick Thohir Terima Gelar Kehormatan Doktor Honoris Causa dari Universitas Brawijaya
Menteri BUMN Erick Thohir mendapatkan gelar DR HC dari Universitas Brawijaya. FOTO/dok.Istimewa
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendapatkan gelar Doktor Honoris Causa (DR HC) dari Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur. Pemberian gelar itu dilaksanakan pada Sidang Terbuka Senat Akademik UB, Jumat (3/3/2023) hari ini.

Penganugerahan tersebut sudah melalui tahapan sesuai regulasi dan telah disetujui oleh Senat Akademik Universitas Brawijaya, termasuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis UB. Adapun penganugerahan gelar kehormatan Doktor Honoris Causa kepada Erick Thohir lantaran kontribusi pemikiran pada bidang manajemen strategi melalui implementasi strategi transformasi dalam bisnis di BUMN.

"Pada pagi hari ini yang penuh rahmat ini izinkan saya menyampaikan pelajaran dan pemikiran dan praktik selama 3 tahun 3 bulan memimpin Kementerian BUMN," ungkap erick melalui pidatonya dalam Sidang Terbuka Senat Akademik UB.



Erick memulai pidatonya dengan membas Indonesia di tengah tantangan globalisasi. Dia juga menyinggung peran dan transformasi BUMN disaat menguatnya globalisasi saat ini. Menurutnya, globalisasi menjadi isu yang banyak disampaikan, namun jarang dipahami oleh masyarakat Indonesia. Terutama inti masalah dari globalisasi itu sendiri.

"Sebagai pengusaha saya jarang memikirkan tentang globalisasi dan biasanya pun menjadi agenda dalam konteks kepentingan perusahaan itu sendiri," ucap dia.

Namun, ketika dia mendapat amanah mengelola negara, dia lantas memikirkan globalisasi dalam konteks kepentingan nasional. Sebagai Menteri, lanjut Erick, kebijakan yang dia tetapkan harus menjadi kebijakan yang beyond globalization atau globalisasi ala Indonesia.

"Inilah yang harus menjadi diskusi kita dan saya harapkan menjadi agenda dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis UB, untuk ikut merumuskan globalisasi di dalam kepentingan nasional Indonesia," katanya.



Dalam perjalanan menemukan globalisasi ala Indonesia, Erick menemukan fakta bahwa BUMN memiliki peran penting, namun perlu untuk bertransformasi. Dia menilai Sumber daya alam (SDA), sumber daya manusia (SDM), infrastruktur bisnis, serta portofolio usaha yang sudah berusia puluhan tahun bahkan ada yang ratusan tahun harus bisa menyelaraskan diri, menari bersama globalisasi dunia.

"Dari sini kita masuk pada pertanyaan menarik, apa strategi BUMN dalam meletakan Indonesia di tengah globalisasi itu sendiri, inilah yang saya kemukakan sebagai sebuah transformasi BUMN," tutur Erick.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1235 seconds (0.1#10.140)