Profil Perusahaan BUMN Berdikari, dari Sejarah hingga Bidang Operasinya

Jum'at, 03 Maret 2023 - 18:07 WIB
loading...
Profil Perusahaan BUMN Berdikari, dari Sejarah hingga Bidang Operasinya
BUMN Berdikari merupakan salah satu perusahaan pelat merah di Indonesia. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - BUMN Berdikari merupakan salah satu perusahaan pelat merah di Indonesia. Dalam prosesnya, mereka beroperasi di sektor peternakan .

Mengutip laman PT Berdikari , Jumat (3/3/2023), perusahaan ini didirikan sejak tahun 1966 dengan nama PT Pilot Proyek Berdikari. Pembentukannya didasarkan atas Keputusan Presidium Kabinet Ampera RI No. 01/EK/KEP/1966 tanggal 12 Agustus 1966.

Selain itu, pendirian perusahaan juga tertuang pada Akta Pendirian No.24 tanggal 15 Agustus 1966 oleh Notaris R. Soerojo Wongsowidjojo, serta disahkan Menteri Kehakiman berdasarkan Surat Keputusan No. J.A. 5/75/9 tanggal 27 Agustus 1988.

Baca juga : Lowongan Kerja BUMN Berdikari Terbaru, Simak Posisi dan Persyaratannya!

Pada perjalanannya, PT Pilot Proyek Berdikari berubah statusnya menjadi PT Berdikari (Persero) pada 7 April 2000.

Melihat operasinya, PT Berdikari (Persero) adalah perusahaan yang bergerak di bidang peternakan terintegrasi ayam, sapi, domba, kambing, kerbau, serta produk olahannya.

Menjadi bagian dari holding BUMN pangan ID FOOD, mereka terus bertransformasi secara inovatif, kompetitif, dan tumbuh berkelanjutan guna mewujudkan kemudahan akses pangan bagi masyarakat Indonesia.

Pada sektor operasinya, mereka memiliki merek retail produk olahan daging sapi dan ayam bernama BeBest. Produk terkait di antaranya adalah sosis, chicken nugget, bakso, kornet, serta berbagai potongan daging ayam dan sapi.

Baca juga : BUMN Berdikari Buka Banyak Lowongan Kerja, Ini Kualifikasi dan Posisinya

Lebih lanjut, PT Berdikari juga melakukan hilirisasi produk yang didukung oleh jaringan reseller home freezer bernama Gerai Daging Berdikari. Adapun tujuannya adalah guna memudahkan akses produk berkualitas bagi masyarakat, serta mendukung lajur UMKM yang dijalankan.

Seiring perjalanannya, PT Berdikari telah mengalami pasang surut. Tahun 2017 menjadi fase pemulihan yang ditandai perbaikan pada berbagai aspek yang dilakukan oleh pemerintah.

Pada 2019, mereka mulai membangun sistem ERP (Enterprise Resource Planning), perbaikan SOP, dan menyelesaikan kewajiban-kewajiban di masa sebelumnya. Setahun berselang, PT Berdikari juga mulai memperluas jangkauan pasar ke end user dan melakukan kegiatan peningkatan variasi serta kualitas produknya.

27 Desember 2021 menjadi perubahan PT Berdikari karena statusnya sebagai perusahaan Persero berubah menjadi Perseroan Terbatas. Ketentuan ini didasarkan pada PP No.118 tahun 2021 tentang Penambahan Penyertaan Modal Negara Republik Indonesia ke dalam Modal Saham Perusahaan Perseroan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero).
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0937 seconds (0.1#10.140)