Membincangkan Manfaat Media Sosial untuk Sarana Pemasaran

Minggu, 05 Maret 2023 - 13:05 WIB
loading...
Membincangkan Manfaat Media Sosial untuk Sarana Pemasaran
Kominfo menggelar acara untuk meningkatkan literasi digital. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Saat ini, media sosial , tidak hanya digunakan sebagai media hiburan atau entertainment. Dalam beberapa tahun terakhir, media sosial TikTok misalnya mulai berevolusi sebagai platform yang menawarkan fitur berbelanja dan dapat dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis.



Perubahan fitur media sosial ini, tentunya perlu disikapi dengan bijak oleh para pengguna. Serta, literasi digital yang mumpuni.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan menjelaskan, perkembangan teknologi dan penggunaan media sosial semakin melesat naik saat pandemi. Situasi ini memperjelas posisi masyarakat yang berada di tengah era transformasi digital, dan harus diseimbangkan dengan pengetahuan tentang risiko bagi penggunanya.

“Peningkatan penggunaan teknologi harus diimbangi dengan kapasitas literasi digital yang mumpuni, agar masyarakat dapat memanfaatkan teknologi digital dengan produktif, bijak, dan tepat guna,” ujar Semuel di acara Gali Ilmu: “Kupas Tuntas TikTok sebagai Media Pemasaran Bisnis Masa Kini", pada Sabtu kemarin (4/3/2023) di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat.

Sementara itu, Global Ecommerce Business Operation & Acquisition TikTok Indonesia Aldo Shurman menyebut bahwa TikTok kini telah meluncurkan TikTok Shop, fitur baru yang bisa memfasilitasi pemilik UMKM untuk berjualan secara digital. Tidak hanya mengunggah konten, pengguna TikTok kini dapat berjualan dan berinteraksi langsung dengan pembeli.

“Setelah berjalannya waktu dan kondisi pasar yang makin banyak muncul e-commerce dan marketplace, tahun 2021 Tiktok melihat ada potensi besar di Indonesia. Akhirnya yang tadinya fokus di entertainment, sekarang TikTok jadi media shoppertainment, orang-orang bisa shopping plus entertainment. Belanja sambil terhibur,” jelas Aldo.

Sejak kemunculan fitur TikTok Shop, Aldo menjelaskan, fungsi TikTok kian sering digunakan oleh anak muda, khususnya sebagai media pemasaran dan promosi. Fitur-fitur dan tren yang berkembang di TikTok, jika dimanfaatkan dengan tepat, bisa digunakan sebagai marketing tools yang ampuh.

“Tidak ada syarat minimal followers untuk berjualan, yang penting daftar di TikTok Seller. Setelah download, sudah bisa langsung berjualan, live streaming, sehingga menjadi kesempatan besar untuk teman-teman UMKM untuk berjualan online,” papar Aldo.

Semuel Abrijani Pangerapan menambahkan, perkembangan teknologi dan penggunaan media sosial semakin melesat naik saat pandemi. Situasi ini memperjelas posisi masyarakat yang berada di tengah era transformasi digital, dan harus diseimbangkan dengan pengetahuan tentang risiko bagi penggunanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1979 seconds (0.1#10.140)