Bertemu Bos Glico di Jepang, Wapres Ingin Produk Halal Indonesia Semakin Mendunia

Senin, 06 Maret 2023 - 11:21 WIB
loading...
Bertemu Bos Glico di Jepang, Wapres Ingin Produk Halal Indonesia Semakin Mendunia
Wapres Maruf Amin bersama Chairman Ezaki Glico Co. Ltd. Ezaki Katsuhisa membahas produk halal Indonesia. Foto/BiroSetWapres
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin membawa misi membangun jejaring halal ke dunia internasional, salah satunya melalui Jepang. Upaya itu dilakukan untuk mewujudkan cita-cita menjadikan Indonesia sebagai pusat halal dunia.



Untuk mendukung komitmen tersebut, Wapres melakukan pertemuan dengan Chairman Ezaki Glico Co. Ltd. Ezaki Katsuhisa di Hotel Imperial, Tokyo, Jepang, Senin (6/3/2023). Pertemuan keduanya membahas perluasan market produk halal Indonesia.

Wapres pun menyampaikan apresiasi kepada Ezaki dan jajarannya karena telah berkontribusi dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia dengan berinvestasi dalam jumlah yang terbilang besar. Apresiasi juga disampaikan Wapres terkait produk Glico yang mendapatkan sertifikasi halal.

“Saya sangat apresiasi investasi Glico di Indonesia senilai hampir Rp700 miliar yang memiliki fasilitas produksi modern, menghasilkan produk berkualitas, dan sudah mendapat sertifikasi halal. Kehadiran Glico turut berkontribusi pada pembangunan ekonomi Indonesia, menyerap banyak tenaga kerja, dan dapat meningkatkan keahlian teknis para pekerja Indonesia sesuai standar Jepang,” kata Wapres.

Sebagai upaya mendukung cita-cita pemerintah menjadikan Indonesia pusat produk halal dunia, Wapres meminta Glico memperluas pasar produk halal. Sebab, sertifikasi produk halal sangat penting bagi masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim.

“Saya harap pabrik di Indonesia akan menjadi basis produksi utama, bukan hanya konsumen Indonesia, namun juga konsumen di negara-negara Asia Tenggara, Amerika Serikat, serta komunitas muslim secara global,” pinta Wapres.

Wapres pun mengimbau diversifikasi produk yang diakui halal juga perlu dilakukan. Upaya itu guna mendukung jangkauan pasar yang lebih luas.

Wapres menambahkan, saat berkunjung ke Jepang pada 2016, negara Sakura tersebut sudah memiliki perhatian khusus terkait sertifikasi halal, dan sertifikat halal di Jepang juga sudah diakui MUI. Lalu, ketika menghadiri pemakaman Perdana Menteri Shinzo Abe di Tokyo September tahun lalu, Wapres juga berkesempatan bertemu dengan PM Jepang Fumio Kishida untuk membahas pengembangan industri halal, seperti makanan dan minuman, pariwisata, dan fashion.

“Saya berharap Glico juga membangun jaringan ekosistem halal tidak hanya di Indonesia, tetapi juga memasarkan produk-produk halal yang dibangun di pabrik Indonesia ke negara-negara lain,” tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1758 seconds (0.1#10.140)