Upaya Mengembangkan Bisnis UMKM lewat Platform Publikasi

Rabu, 08 Maret 2023 - 14:20 WIB
loading...
Upaya Mengembangkan Bisnis UMKM lewat Platform Publikasi
Pengembangan UMKM bisa dilakukan lewat platform publikasi. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Peran UMKM sangat besar untuk pertumbuhan perekonomian Indonesia, dengan jumlahnya yang mencapai 99% dari keseluruhan unit usaha. Kontribusi UMKM terhadap PDB juga mencapai 60,5%, dan terhadap penyerapan tenaga kerja adalah 96,9% dari total penyerapan tenaga kerja nasional.



Angka-angka itu membuat banyak pihak ingin mengambil peran untuk terus mengembangkan UMKM. Salah satunya adalah PT Kreasi Pena Indonesia (Penakita) dengan meluncurkan Mitme.id, sebuah platform publikasi pertama di Indonesia yang dikhususkan untuk membantu pengembangan bisnis UMKM.

Kehadiran Mitme.id diharapkan dapat menjadi solusi dalam membantu eksposur kegiatan usaha, hingga pengenalan produk UMKM kepada target audiens dan pasar yang sesuai dengan kebutuhan pengembangan usaha.

“Platform Mitme.id menjadi solusi atas UMKM yang selama ini memiliki keterbatasan akses dan biaya dalam menjangkau media yang tepercaya dalam menyosialisasikan produk maupun kegiatan usaha kecil mereka yang tersebar di seluruh pelosok di Indonesia,” kata Indra Hardianto, Chief Technology Officer (CTO) Penakita, dalam keterangannya, Rabu (8/3/2023).

Indra menjelaskan, dengan adanya Mitme.id, akses terhadap media tepercaya tidak lagi menjadi milik perusahaan-perusahaan besar, tetapi juga para UMKM yang ingin membesarkan usahanya dengan mengkomunikasikanya melalui media. “Ini adalah bentuk support kami bersama media-media di daerah dan nasional terhadap UMKM agar mampu bersaing dan sukses menjadi tuan rumah di negerinya sendiri,” tambah Indra.

Sementara itu, Fatma Kumala, Mitme Collaborator Partner, menambahkan, kehadiran Mitme.id diyakini akan menjadi wadah positif bagi seluruh stakeholder yang terlibat. Pertama dari sisi pelaku usaha UMKM, Mitme.id akan menjadi jawaban cara peningkatan kompetensi UMKM dalam mengelola strategi komunikasi yang lebih baik lagi, dari kondisi saat ini yang masih didominasi aktivitas konvensional dan dari mulut ke mulut.

Sedangkan untuk media yang menjadi partner, paltform Mitme.id dapat menjadi strategi pengembangan model bisnis dalam mendukung komunikasi UMKM di Indonesia. “Karena media yang menjadi partner Mitme.id tentunya akan menjadi rujukan pelaku UMKM dalam berkomunikasi,” jelas Fatma.

Saat ini, lanjut Mala, dari total 65 juta UMKM di Indonesia, ada sekitar 20 juta UMKM yang sudah Go Digital. Hanya saja, belum semua UMKM tersebut menerapkan ekosistem digital secara penuh.



“Deloitte Access Economics menyebutkan bahwa 36 persen UMKM Indonesia masih berkutat di pemasaran konvensional. Inilah salah satu yang menjadi fokus Mitme.id untuk dikembangkan potensinya,” tutup Mala.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1761 seconds (0.1#10.140)