Daftar Mudik Gratis 2023 Bus Kemenhub Dibuka Siang Ini, Begini Cara dan Syaratnya

Senin, 13 Maret 2023 - 09:45 WIB
loading...
Daftar Mudik Gratis 2023 Bus Kemenhub Dibuka Siang Ini, Begini Cara dan Syaratnya
Pendaftaran mudik gratis Kemenhub untuk moda bus Angkutan Lebaran tahun 2023/1444 Hijriah akan dibuka mulai Senin (13/3/2023) pukul 14.00 WIB. Berikut cara daftar dan syaratnya. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pendaftaran mudik grati s Kementerian Perhubungan ( Kemenhub ) untuk moda bus Angkutan Lebaran tahun 2023/1444 Hijriah akan dibuka mulai Senin (13/3/2023) pukul 14.00 WIB. Dalam unggahan di akun media sosial resminya, ada daftar 28 kota tujuan mudik gratis Kemenhub tahun ini, untuk wilayah Jawa Barat ada Garut, Tasikmalaya dan Cirebon.

"Mudik Gratis Bus Kemenhub 2023 kembali hadir dan kalian bisa melakukan pendaftaran pada 13 Maret 2023 - 14 April 2023 mulai pukul 14.00 WIB (Pendaftaran akan ditutup jika kuota sudah terpenuhi)," tulis unggahan akun Instagram @kemenhub151 dan @ditjet_hutbad.



Kemudian untuk wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ada Tegal, Pekalongan, Semarang, Demak, Jepara, Pati, Blora, Boyolali, Solo, Klaten, Wonogiri, Purwokerto, Cilacap, Wonosobo, Kebumen, Magelang, Wonosari, dan Yogyakarta.

Sedangkan untuk wilayah daerah Jawa Timur ada Tuban, Madiun, Surabaya, Malang, dan Tulungagung. Keempat, tujuan Sumatra ada Lampung dan Palembang.



Selanjutnya untuk arus mudik terdapat 8 kota, yakni Cirebon, Surabaya, Madiun, Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo dan Wonogiri. Sementara untuk arus mudik dan arus balik yang mengangkut sepeda motor terdapat 5 kota yakni, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Semarang dan Wonogiri.

Berikut syarat daftar mudik gratis Kemenhub 2023

1. Peserta wajib memiliki dokumen kependudukan yang sah pada saat mendaftar (KTP/SIM/KK).
2. Peserta hanya bisa memilih satu kota tujuan mudik.
3. Bila peserta akan mengikuti mudik-balik/PP, maka pendaftaran arus balik dilakukan bersamaan pada saat mendaftar arus mudik (dengan catatan, kota tujuan mudik yang dipilih ada pilihan kota arus balik dan peserta hanya bisa ikut arus balik sesuai dengan kota tujuan arus mudik).
4. Peserta hanya diberikan waktu H+7 setelah tanggal pendaftaran, untuk melakukan registrasi/validasi ulang di posko yang telah ditentukan.
5. Apabila lewat H+7 peserta tidak melakukan validasi ulang, maka data peserta dianggap gugur/hangus (kuota akan otomatis bertambah), dan tidak bisa mendaftar ulang (NIK diblok oleh sistem) agar memberikan kesempatan pada peserta lain yang ingin mendaftar/belum mendapatkan kuota mudik/balik.
6. Peserta yang mudik-balik dengan sepeda motor, wajib membawa kelengkapan surat kendaraan. Dan menyerahkan motor sesuai dengan tanggal yang ditentukan/H-1 sebelum tanggal seremonial bus.
7. Peserta dalam keadaan sehat jasmani dan rohani pada saat keberangkatan arus mudik/balik.
8. Peserta wajib datang minimal satu jam sebelum jam keberangkatan.

Berikut cara daftar mudik gratis Kemenhub 2023

Masyarakat yang ingin mendaftar mudik gratis Kemenhub 2023, masyarakat terlebih dahulu mengunduh aplikasi MitraDarat di Play Store atau App Store. Kemudian lakukan langkah sebagai berikut:

1. Cara login di aplikasi MitraDarat
-Klik tombol 'Login'
-Masukkan alamat email/akun Google
-Masukkan nomor telepon (WhatsApp)
-Masukkan kode OTP
-Login berhasil akan tampil Dasbord Aplikasi MitraDarat

Setelah berhasil login, kemudian masyarakat dapat memesan tiket mudik gratis.

2. Cara pesan tiket Mudik Gratis
-klik icon 'Mudik Gratis'
-Pilih titik keberangkatan dan tujuan mudik
-Pilih armada yang sesuai
-Isi identitas data penumpang
-klik tombol 'Selesaikan pesanan'
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1747 seconds (0.1#10.140)