alexa snippet

Komitmen Korporasi untuk Bangsa

Komitmen Korporasi untuk Bangsa
.
A+ A-
Membangun masyarakat Indonesia sejahtera bukan semata tugas pemerintah. Semua elemen bangsa punya kewajiban yang sama, termasuk korporasi. Itu pula tujuan kegiatan corporate social responsibility (CSR) di berbagai daerah.

Kegiatan CSR sering diartikan sebagai bentuk kepedulian korporasi terhadap kehidupan masyarakat di sekitarnya, baik dari segi pendidikan, kesehatan, lingkungan, pemberdayaan ekonomi atau pun sekadar bantuan sosial seperti pasar murah sembako.

Tak ingin ketinggalan untuk berbuat yang terbaik bagi bangsa, badan usaha milik negara (BUMN) turut berpartisipasi dalam kegiatan CSR. Tak tanggung-tanggung, dalam perayaan ulang tahun Ke-70 kemerdekaan RI, Menteri BUMN Rini Soemarno memerintahkan langsung seluruh jajaran BUMN untuk turun ke daerahdaerah, membantu masyarakat di pelosok.

Dia menyadari peran serta BUMN tidak hanya semata untuk mencapai kinerja yang baik secara simultan, sehingga dapat memberikan pajak dan dividen yang tinggi kepada negara. BUMN juga turut berperan aktif sebagai agen pembangunan. Melalui momentum perayaan 70 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, Menteri BUMN memiliki komitmen untuk menghadirkan BUMN melalui program ”BUMN Hadir untuk Negeri” di tengah masyarakat secara langsung.

”Tujuannya adalah untuk menciptakan kondisi dan mendorong agar BUMN di Indonesia dapat memberikan sumbangan yang terbaik bagi negeri dan rakyat Indonesia,” kata Rini. Salah satu BUMN yang mendapat tugas turun ke daerah adalah Bank Mandiri. Pada perayaan 70 tahun kemerdekaan RI Bank Mandiri melakukan aktivitas CSR di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Direktur Utama Bank Mandiri Budi Gunadi Sadikin terjun langsung untuk memberikan bantuan kepada masyarakat sekitar.

Total bantuan CSR Bank Mandiri di NTB mencapai Rp1,35 miliar, meliputi bantuan sembako murah, bedah 45 rumah veteran, dan bantuan fasilitas laboratorium untuk 17 sekolah menengah kejuruan (SMK). Adapun PT Pertamina (Persero) pada perayaan kemerdekaan RI tahun ini mengemban tugas di Provinsi Riau. Tidak berbeda dengan yang dilakukan BUMN lain, Pertamina juga menggelar pesta rakyat dan memberikan bantuan kepada masyarakat di Provinsi Riau.

Selain BUMN, yang memiliki kegiatan yang membantu meringankan beban masyarakat, banyak juga korporasi yang juga peduli. Mereka memiliki komitmen turut membantu pendidikan, pemberdayaan perempuan, kewirausahaan, juga para korban yang terkena bencana alam. Korporasi yang mempunyai kepedulian dalam menyejahterakan masyarakat salah satunya PT Astra International Tbk (ASII).

Menurut Head of Public Relations ASII Yulian Warman, setiap perusahaan membutuhkan action planuntuk mewujudkan visi, misi, dan citacitanya. Demi mewujudkan cita-cita dalam filosofi Astra, yaitu Catur Dhama, saat ini Astra menerapkan roadmapyang berfokus pada portofolio bisnis, insan Astra dan berkontribusi kepada masyarakat dan lingkungan. ”Roadmap ini dikenal sebagai 3PRoadmap: portfolio, people, public contribution,” ungkapnya.

3P-Roadmap merupakan pedoman kerangka kerja dengan pendekatan yang berfokus pada bisnis yang beretika dan bertanggung jawab, kepemimpinan pasar, pengembangan bisnis, penetrasi pasar baru, implementasi Astra Green Company (AGC) dan Astra Friendly Company (AFC), efisiensi lingkungan, keterlibatan dan pengembangan karyawan, serta bidangbidang utama dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Adapun program CSR Astra terdiri atas empat pilar, yakni pendidikan, pemberdayaan ekonomi, kesehatan dan lingkungan hidup.

Yulian menjelaskan, program pendidikan dipilih karena merupakan investasi bangsa di masa depan. Pemberdayaan ekonomi ini dilakukan karena Astra berharap bisa mendorong masyarakat menjadi lebih mandiri dan lebih jauh mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Program kesehatan dipilih karena melalui program ini, Astra berharap dapat mendorong terciptanya masyarakat Indonesia yang sehat dan produktif. Program lingkungan dipilih sebagai komitmen Astra dalam meningkatkan kelestarian lingkungan di Indonesia.

Hermansah
(ars)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top