Bank BJB Batal Cari Tambahan Modal lewat Right Issue 1,83 Miliar Saham

Selasa, 14 Maret 2023 - 15:06 WIB
loading...
Bank BJB Batal Cari Tambahan Modal lewat Right Issue 1,83 Miliar Saham
Bank BJB membatalkan penerbitan saham baru. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR) resmi membatalkan agenda penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau right issue sebanyak 1,83 miliar lembar saham. Bank BJB telah mempertimbangkan perkembangan rasio permodalan terkini, sehingga meyakini kondisi permodalan masih dapat menunjang ekspansi kredit ke depan.



"Dengan ini kami sampaikan bahwa perseroan membatalkan rencana agenda right issue," kata Direktur Utama BJBR Yuddy Renaldi di Bandung, Senin (13/3/2023).

Yuddy mengungkapkan bahwa rencana aksi korporasi ini sebelumnya akan diusulkan dalam rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) yang dijadwalkan pada 4 April mendatang. Berdasarkan prospektus awal, BJBR berencana menerbitkan 1.836.414.082 saham Seri B baru dengan nilai nominal Rp250 per saham.

Jumlah itu setara 17,45% dari total saham ditempatkan dan disetor perseroan, yang seluruhnya akan digunakan untuk memperkuat struktur permodalan.



Sebelumnya BJBR tengah fokus untuk menyetor modal ke dalam mitra kelompok usaha bank (KUB) dengan sejumlah BPD, termasuk PT Bank Pembangunan Daerah Bengkulu (Bank Bengkulu), dan PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Tenggara (Bank Sultra). Langkah ini diharapkan dapat membantu bank-bank BPD yang masih belum memenuhi modal inti, sebagaimana yang disyaratkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1479 seconds (0.1#10.140)