Boediono: Krisis Finansial Butuh Penanganan Cepat

Selasa, 22 September 2015 - 13:51 WIB
Boediono: Krisis Finansial Butuh Penanganan Cepat
Boediono: Krisis Finansial Butuh Penanganan Cepat
A A A
JAKARTA - Mantan Wakil Presiden (Wapres) RI Boediono mengatakan, pemerintah Indonesia harus mengambil langkah cepat untuk menghadapi krisis finansial domestik yang sekarang melanda.

Langkah cepat tersebut diambil dalam bentuk kebijakan yang bisa menguntungkan masyarakat dan pelaku usaha. "‎Krisis finansial ini membutuhkan respon dan penanganan cepat berupa kebijakan dan keputusan baik yang diakibatkan pola birokrasi yang buruk," kata dia dalam acara ulang tahun Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) di Jakarta, Selasa (22/9/2015).

Dia mengatakan, sebetulnya ketika krisis pada 1997-1998, ada kemajuan yang bagus untuk Indonesia meski saat itu ekonomi domestik sedang terpuruk.

"Misalnya, waktu itu kapasitas pemerintah baik dan di pasar mereka improve, komunikasi antar otoritas lebih sering terjadi dan efektif meskipun saat itu sedang krisis," ujarnya.

Boediono mengingatkan, ada pelajaran berharga yang bisa diambil dari krisis saat itu, yang bisa dipetik sekarang. Salah satunya, berani menempatkan orang-orang yang tepat ditempat yang tepat.

"Pelajaran yang berharga adalah ketika krisis, harus ada paham right person in right place. Orang-orang yang tepat di kabinet harus memulai bekerja sama untuk tangani krisis. Proses penanganannya harus dimulai sekarang saat normal, karena kita punya sejarah berhadapan dengan krisis. Bertahan dari krisis itu tidak mudah," tutur dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1323 seconds (0.1#10.140)