Panen Raya tapi Harga Beras Tetap Tinggi, Jokowi: Kita Cari Letak Masalahnya

Rabu, 15 Maret 2023 - 15:42 WIB
loading...
Panen Raya tapi Harga Beras Tetap Tinggi, Jokowi: Kita Cari Letak Masalahnya
Presiden Jokowi saat meninjau panen raya padi di desa Kartoharjo, kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Sabtu (11/3/2023). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Harga beras di pasaran saat ini masih tinggi meskipun sudah memasuki musim panen. Beras jenis medium di tingkat konsumen sudah tembus di atas Rp13.000 per kilogram (kg) dan jenis premium di atas Rp14.000 per liter.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bulan ini sudah masuk panen raya, sehingga seharusnya pasokan beras ke pasar sudah banyak dan harga bisa turun. Namun, realitanya harga masih melambung. Untuk itu, Jokowi memerintahkan jajarannya untuk mencari letak permasalahannya.

"Kita lihat ini kan masih panen raya, logikanya panen raya supply-nya banyak, mestinya harga turun. Nah ini kok nggak? Ini yang lagi kita cari,” ujarnya usai membuka acara Business Matching Produk Dalam Negeri di Jakarta, Rabu (15/3/2023).

Dengan kondisi harga beras tersebut, Jokowi menyebut petani akan senang tapi konsumen yang bakal berteriak. “Saya kira keseimbangan itu yang ingin kita jaga," tandas Kepala Negara.

Terkait harga beras yang tinggi itu, Jokowi mengatakan PR atau tugas pemerintah saat ini bukan menurunkan harga beras melainkan menyeimbangkan harga agar gabah di petani, pedagang, hingga konsumen di tingkat yang baik dan wajar.

"Yang sulit itu menyeimbangkan harga agar gabah di petani di tingkat wajar, harga beras di pedagang baik dan wajar, serta harga beras ke konsumen itu baik dan wajar. Yang sulit di situ," tukas Mantan Gubernur DKI Jakarta itu.



Jokowi bilang, jika pemerintah diminta menurunkan harga beras, itu sangat mudah. Caranya bisa melakukan impor dalam jumlah banyak dan mengguyur ke pasar-pasar.

Hanya saja, sambung dia, pemerintah tidak memilih jalan itu karena ingin menjaga keseimbangan harga di semua rantai distribusi tersebut.

"Tapi kalau dilihat memang supply-nya kurang dan menyebabkan harga tinggi yang permanen, pasti impornya akan masuk. Itu aja," tandas presiden asal Solo.



Jika menilik data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional hari ini, harga beras kualitas bawah I mencapai Rp12.150 per kg, beras kualitas bawah II dibanderol Rp11.750 per kg, beras kualitas medium I dihargai Rp13.200 per kg, dan beras kualitas medium II harganya Rp13.100 per kg. Sementara itu, jenis beras kualitas super 1 mencapai Rp14.650 per kg dan Rp14.100 per kg untuk beras kualitas super II.

(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1212 seconds (0.1#10.140)