B35 Potensial Dikembangkan, Pengusaha Usul Tambahan Aditif Khusus

Kamis, 16 Maret 2023 - 20:40 WIB
loading...
B35 Potensial Dikembangkan, Pengusaha Usul Tambahan Aditif Khusus
B35 merupakan campuran Fatty Acid Methyl Esters (FAME) 35% dan 65% BBM diesel jenis solar. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pemerintah Indonesia menegaskan komitmen untuk mengatasi krisis iklim dengan mengurangi emisi gas rumah kaca (GRK). Salah satunya melalui penggunaan B35 yang diterapkan secara nasional mulai 1 Februari 2023.

B35 merupakan campuran Fatty Acid Methyl Esters (FAME) 35% dan 65% BBM diesel jenis solar. Bahan baku biodiesel di Tanah Air berasal dari minyak kelapa sawit. Sebagaimana diketahui, sawit tersedia melimpah di Indonesia.

Sebagai salah satu negara produsen kelapa sawit terbesar di dunia, pemanfaatan biodiesel sangat potensial dikembangkan di Indonesia sekaligus dapat menghemat devisa negara.

Menteri ESDM Arifin Tasrif dalam konferensi pers capaian Kementerian ESDM pada 30 Januari 2023 lalu menyebut B35 dapat mengurangi impor solar dan diproyeksikan dapat menghemat devisa hingga Rp161,25 triliun, juga turut mengurangi GRK hingga 34,9 juta ton CO2e.

Direktur Jenderal EBTKE Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana dalam Talkshow Energy Corner Special-B35 Implementation "B35 untuk Ketahanan dan Kemandirian Energi Menuju Transisi Energi yang Merata dan Berkeadilan" pada 31 Januari 2023 lalu memastikan penerapan program Biodiesel B35 telah memperhatikan seluruh aspek, seperti daya kendaraan, mesin, material, pelumas, dan ruang bakar, termasuk emisi. Hasilnya, produk campuran B35 ini direkomendasikan untuk dapat digunakan.

Dadan juga mengklaim kesiapan program B35 hingga siap diluncurkan telah melibatkan berbagai pihak dengan melakukan kajian secara terbuka, transparan dan objektif.

Bahkan, Indonesia meningkatkan campuran FAME (Fatty Acid Methyl Ester) pada solar ini tanpa contoh karena penerapan biodiesel di negara lain hingga saat ini hanya sekitar 10%.

"Yang dilakukan Indonesia adalah bukti dari kebersamaan, penerapan teknologi dan program yang dilakukan secara bertahap dan jauh ke depan," ujarnya dikutip dari siaran pers resmi Kementerian ESDM tertanggal Rabu (1/2/2023).

Senada, Ketua Umum Gaikindo, Yohane Nagoi mengungkapkan bahwa uji coba di lapangan menunjukkan respons baik. Hal-hal yang dikhawatirkan selama ini bahwa produk campuran B35 memiliki titik beku lebih tinggi karena ada kandungan minyak nabati di dalamnya tidak terbukti. "Setelah uji coba di Dieng nyatanya aman saja, di Bromo juga aman, tidak ada masalah," tuturnya.

Meski begitu, ada pandangan lainnya terkait penggunaan B35 yang dinilai masih memerlukan bahan aditif khusus agar tidak menghambat kerja mesin-mesin tertentu. Hal itu mengemuka dalam acara 2023 Sumatra Coal Outlook Conference di Midplaza, Jakarta, Rabu (15/3).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2172 seconds (0.1#10.140)