Jokowi: Sekali Lagi, Persaingan Antarnegara Saat Ini Tak Gampang dan Mudah!

Jum'at, 17 Maret 2023 - 09:14 WIB
loading...
Jokowi: Sekali Lagi, Persaingan Antarnegara Saat Ini Tak Gampang dan Mudah!
Presiden Jokowi menekankan, bahwa persaingan antarnegara saat ini tidak mudah saat Acara Istighosah dan Doa Bersama Rabithah Melayu-Banjar, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan. Foto/Dok
A A A
TABALONG - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menekankan, bahwa persaingan antarnegara saat ini tidak mudah, sehingga diperlukan cara-cara baru dan pola pikir baru dalam bekerja. Hal itu disampaikan Jokowi dalam sambutannya pada Acara Istighosah dan Doa Bersama Rabithah Melayu-Banjar, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan pada hari ini Jumat (17/3).

"Jadi sekali lagi persaingan antarnegara sekarang itu tidak gampang dan tidak mudah. Sehingga kalau kita tidak memunculkan cara-cara baru dalam bekerja, tidak memunculkan sebuah pola pikir baru dalam kita berkompetisi, ya kita akan kalah dan terus hanya menjadi negara berkembang," kata Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (17/3/2023).



Jokowi mengatakan, bahwa banyak negara di Amerika Latin dan Asia sudah lebih dari 50 hingga 70 tahun hanya menjadi negara berkembang. Hal itu dikarenakan negara tersebut tidak berani berubah.

"Karena tidak berani merubah dirinya, merubah SDM (Sumber Daya Manusia)-nya dengan cara-cara yang baru, bekerja keras, merubah pola pikir. Itu yang diperlukan ke depan," kata Jokowi.



Maka dari itu Jokowi mengajak anak-anak muda untuk mau berubah dan bekerja keras. Agar Indonesia dapat bersaing dengan negara-negara lain.

"Sehingga yang muda-muda ini mau berubah, mau bekerja keras, karena saudara-saudara semuanya nanti akan bersaing dengan SDM-SDM dari negara-negara lain," ungkap Jokowi.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2155 seconds (0.1#10.140)