Ini Bandara Terbaik di Dunia Tahun 2023, Lokasinya Dekat Indonesia

Jum'at, 17 Maret 2023 - 14:42 WIB
loading...
Ini Bandara Terbaik di Dunia Tahun 2023, Lokasinya Dekat Indonesia
Bandara Changi Singapura telah dinobatkan sebagai bandara terbaik di dunia untuk mencetak rekor ke-12 kalinya. Foto/Dok Reuters
A A A
JAKARTA - Bandara Changi Singapura telah dinobatkan sebagai bandara terbaik di dunia untuk mencetak rekor ke-12 kalinya. Bandara kebanggaan negara Singapura itu merebut kembali gelar dalam World Airport Awards 2023 yang diumumkan kemarin oleh perusahaan riset transportasi udara Skytrax.

Bandara Changi sebelumnya telah memenangkan tempat pertama dalam peringkat tahunan Skytrax selama delapan tahun berturut-turut dari 2013 hingga 2020. Namun dalam 2 tahun terakhir, Bandara Changi Singapura harus puas berada di belakang Bandara Internasional Hamad Doha dan Bandara Haneda Tokyo.



Wisatawan global yang mewakili lebih dari 100 kebangsaan berpartisipasi dalam survei Skytrax, yang juga menyebut Bandara Changi Singapura sebagai: Bandara Terbaik di Asia, Bandara Terbaik Di Dunia - Resto, dan Bandara Terbaik di Dunia — Fasilitas Rekreasi.

Penilaian bandara berdasarkan banyak faktor, termasuk tempat belanja, check-in, kedatangan, transfer dan keamanan hingga imigrasi.

Bandara Internasional Hamad Doha berada di urutan kedua, diikuti oleh Bandara Haneda Tokyo di urutan ketiga dan Bandara Internasional Incheon di urutan keempat. Jepang memiliki dua bandara di 10 besar tahun ini, dengan Bandara Internasional Narita berada di urutan kesembilan.

Posisi teratas lainnya diisi oleh bandara utama di Paris (kelima), Istanbul (keenam), Munich (ketujuh) dan Zurich (kedelapan). Semua bandara dalam daftar 10 besar tahun lalu muncul kembali kecuali Bandara Internasional Kansai Osaka, yang digantikan oleh Bandara Madrid-Barajas Spanyol diperingkat ke-10.

Survei Skytrax juga memberi peringkat bandara, berdasarkan kategori lain. Staf bandara terbaik di dunia dapat ditemukan di Bandara Internasional Incheon Seoul, sementara Bandara Internasional Shenzhen Bao'an China memenangkan bandara paling baik di dunia.

Apa yang perlu diketahui tentang Bandara Changi

Bandara Changi kini telah memenangkan lebih dari 660 penghargaan Bandara Terbaik sejak dibuka pada tahun 1981. Bandara ini berencana memperluas kapasitas gedung Terminal 2 menjadi sebesar 5 juta penumpang per tahun, dan telah memulai pekerjaan perluasan tersebut yang dijadwalkan selesai pada tahun 2024.

Di empat terminalnya, Bandara Changi memiliki fasilitas gym dan shower, area tidur siang, tempat bermain anak-anak setinggi 16 meter, dan kolam renang yang menghadap ke landasan pacu.

Terminal 1 terhubung langsung ke kompleks ritel 10 lantai Jewel Changi Airport, yang memiliki tujuh taman bertema, lembah hutan dengan lebih dari 2.000 pohon dan air terjun dalam ruangan tertinggi di dunia.

CEO Skytrax, Edward Plaisted mengatakan, kemenangan itu "menggarisbawahi popularitas bandara di mata pelancong udara internasional," yang telah kembali ke sekitar 80% dari tingkat pra-Covid 19, katanya.

Bandara Changi secara tahunan mampu menangani kapasitas 85 juta penumpang tahunan. Melayani lebih dari 90 maskapai penerbangan dan menghubungkan Singapura ke 140 kota di seluruh dunia. Pada tahun 2022, lima pasar penumpang teratasnya berasal dari Australia, Malaysia, Indonesia, India, dan Thailand.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1836 seconds (0.1#10.140)