MIND ID Didorong Jadi Penopang Hilirisasi dan Transisi Energi Pemerintah

Minggu, 19 Maret 2023 - 17:26 WIB
loading...
A A A
"Revolusi menuju kendaraan listrik memiliki multiplier effect sangat besar bagi industri tambang di tanah air. Selain dapat mengantisipasi defisit akibat impor minyak dan gas, kebijakan ini dapat mendorong nilai tambah Sumber Daya Alam (SDA), terutama tembaga, mangan, dan nikel," paparnya.

Tiga jenis mineral ini menjadi bahan dasar (raw materials ) pengembangan baterai untuk eksosistem mobil listrik. Dengan berkembangnya kebijakan mobil listrik, hasil olahan smelter tembaga dan nikel di tanah air akan terserap dengan mudah.

Glencore, salah satu produsen metal terbesar dunia mengatakan, kebijakan kendaraan listrik akan menambah permintaan (demand) tembaga sebesar 18 persen tahun 2030. Sementara permintaan nikel global akan tumbuh 55% tahun 2030. Ini tentu akan menguntukan MIND ID yang memiliki mineral sejenis tembaga, nikel dan timah.

Dalam ekosistem kendaraan listrik, tembaga digunakan untuk pembangunan jaringan listrik, jaringan storage (penyimpanan/reservoar) dan charging (Infrastrukur pengisian). Menurut Glencore, permintaan tembaga untuk charging saja, misalnya akan tumbuh dari 23,000 ton di tahun 2020 menjadi 392,000 ton tahun 2030. Ini tentu berita baik bagi MIND ID yang sudah mengontol saham Freeport Indonesia, sebagai salah satu produsen tembaga terbesar di tanah air.

Sementara, permintaan nikel untuk jaringan penyimpanan (grid storage) akan tumbuh dari 20,000 ton tahun 2020, menjadi 150,000 ton tahun 2030. Secara umum, permintaan nikel untuk kendaraan listrik tumbuh dari 66,000 ton tahun 2020, menjadi 985,000 pada periode tahun 2030. Ini juga berita baik bagi PT Aneka Tambang yang memiliki cadangan nikel terbesar di tanah air.

"Jika semua proyek hilirisasi tambang MIND ID di atas berjalan, saya sangat optimis, MIND ID ke depan bisa diandalakan menjadi penopang kebijakan hilirisasi pemerintah dan penopang kebijakan transisi energi yang terus didorong presiden Jokowi," ucap Ferdy.

Apalagi dalam proyeksi Kementerian Investasi nilai tambah bisa mencapai 19x dan demand global mencapai USD1 miliar, MIND ID juga mampu diandalkan sebagai perusahaan negara yang bisa menopang keuangan negara dan ikut menopang pembangunan industrialisasi.

Dengan melihat segmen pasar tambang yang dimiliki MIND ID, tak heran jika pasca pembentukan holding tambang dan pasca akuisi Freeport Indonesia, MIND ID selalu mencat kinerja gemilang. PTBA, PT ANTM, PT TImah dan semua anggota MIND ID mencatat kinerja terbaik sepanjang sejarah dengan laba sebesar Rp12,6 triliun per tahun 2023.

"Kita tentu wajib mengapresiasi kinerja dan keras keras seluruh manajemen MIND ID. Kita juga perlu mengapresiasi kinerja para Board Of Directors MIND ID yang sudah mampu mencatatkan kinerja sangat positif," sambungnya.

Ferdy mengaky tetap optimis, dengan melihat potensi pasar tambang dan proses hilirisasi menuju nilai tambah mineral, MIND ID terus mencatatkan kinerja positif ke depan. MIND ID bisa diandalkan menjadi perusahaan tambang raksasa baik domestik maupun global.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2003 seconds (0.1#10.140)