Jelang Lebaran, BI Buka 5.066 Titik Layanan Penukaran Uang Baru

Senin, 20 Maret 2023 - 11:33 WIB
loading...
Jelang Lebaran, BI Buka 5.066 Titik Layanan Penukaran Uang Baru
Bank Indonesia buka layanan penukaran uang baru menjelang lebaran. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) akan menyediakan 5.066 titik layanan penukaran uang baru pada 27 Maret hingga 20 April 2023. Layanan penukaran uang menjelang lebaran ini meningkat dari tahun lalu 4.689 titik.

"Penukaran di kantor pusat sudah bisa dimulai hari ini, bisa pakai aplikasi PINTAR atau boleh datang, ada Rp3,8 juta per paket kalau ditukar, kalau perginya ke bank boleh diambil dari rekeningnya ya bapak ibu sekalian seperti biasanya," ujar Deputi Gubernur BI Aida S. Budiman dalam acara Serambi 2023, di Jakarta, Senin (20/3/2023).



Rinciannya, Sumatera 1.062 titik, Jabodebek 599 titik, pulau Jawa non KP 1.590 titik, Kalimantan 828 titik, Bali Nusra 393 titik, dan Sulampua 594 titik. Dia menyebutkan titik-titik tersebut untuk mendukung pelaksanaan tugas BI, khususnya melalui Kas Keliling di daerah Terluar, Terdepan, dan Terpencil (3T), Kas Keliling Susur Sungai (Sumsel, Kalsel, dan Kalteng), dan penukaran di hari libur.

Hal ini juga demi mendukung kelancaran Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN). "Dukungan ini melalui penukaran di pusat keramaian seperti di terminal, pasar, dan stasiun," ucap Aida.

Tak hanya itu, Bank Indonesia juga melaksanakan program BI Peduli Mudik, yaitu penukaran di rest area jalan tol di Jawa, Lampung, dan Palembang. Ditambah dengan penukaran di jalur penyeberangan, seperti di Pelabuhan Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk.



Ida mengatakan layanan tersebut sebagai bentuk apresiasi kepada Kementerian/Lembaga (K/L), berupa penukaran kepada K/L dan stakeholder lain.

"Kami mengucapkan terima kasih, kepada perbankan, industri, asosiasi, dan seluruh pihak yang terus bersinergi agar semuanya kita bisa memastikan kelancaran sistem pembayaran dan pengedaran uang rupiah di seluruh negeri," ungkap Aida.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6103 seconds (0.1#10.140)