Peta Jalan Jadi Entrepreneur Masa Depan, Harus Punya 3 Kompetensi

Selasa, 21 Maret 2023 - 06:31 WIB
loading...
Peta Jalan Jadi Entrepreneur Masa Depan, Harus Punya 3 Kompetensi
Penandatanganan kerjasama atau MoU antara Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma (Unsurya) dengan PT Technolife Kreasi Indonesia dan juga dengan PT Indonesia Aviation School dan PT Liana Segrus Co. Ltd. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pendiri Technolife, Evi Lusviana mengungkapkan, seorang entrepreneur harus memilik tiga kompetensi. Paling utama adalah attitude, yakni sikap, perilaku, rasa tanggung jawab, karakter dan integritas.



Selanjutnya bila sudah mempunyai attitude yang baik, tinggal membangun yang kedua yakni skill – ketrampilan, baik ketrampilan yang bersifat hard, maupun yang soft atau soft skill. Harus saudara harus miliki beberapa skill. Dan yang ketiga: adalah Pengetahuan, Knowledge.

Gabungan dari ketiga kompetensi, menurut Evi akan membuat seorang entrepreneur memiliki kelengkapan untuk bertempur di dunia usaha yang sebenarnya

“Saudara sudah membangun itu mulai dari TK, SD, SMP, SMA/SMK hingga di Perguruan Tinggi. Tapi saudara tidak cukup hanya belajar tanpa tujuan. Saudara harus punya tujuan, jadi saudara terdorong untuk menguasai ilmunya,” ujar Evi Lusviana ketika memberikan kuliah umum bertema Prospek Pengusaha Masa Depan (Entrepreneur’s Future Outlook) di Kampus C Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma, Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Senin (20/3/2023).



Acara kuliah umum ini dihadiri Rektor Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma, Marsekal Muda TNI (Purn.) Dr. Sungkono, S.E., M.Si., Dekan Fakultas Ekonomi yang juga menjadi moderator yaitu Tutik, Siswati, SE, MSi, para dosen. Kuliah umum juga diikuti dengan tanya jawab bagi mahasiswa.

Evi Lusviana menjelaskan, sekarang dan ke depan adalah era digital. Bagi kelompok usia milenial (gerenasi “Wai (Y), dan Generasi Z) adalah generasi Digital Native, semua serba teknologi, Artificial Intelligent, Robotic, Information Technology, Solusi, dan sebagainya. Saudara harus siap bersaing.

Maka ke depan untuk menentukan siapa yang unggul adalah mereka yang memiliki kompetensi dan yang paling siap jadi pemenang. Jadi Evi mengingatkan, agar mahasiswa tidak boleh ketinggalan.

Lebih lanjut Evi memberikan, sebuah Roadmap (peta jalan untuk menjadi Entrepreneur masa depan (Future Entrepreneur). Ada lima anak tangga yang harus dilalui agar mampu bersaing dan memenangkan persaingan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2017 seconds (0.1#10.140)