Lembaga Administrasi Negara Terus Tingkatkan Pengelolaan Anggaran

Senin, 20 Maret 2023 - 23:44 WIB
loading...
Lembaga Administrasi Negara Terus Tingkatkan Pengelolaan Anggaran
Lembaga Administrasi Negara (LAN) akan terus meningkatkan pengelolaan anggaran. FOTO/dok.LAN
A A A
JAKARTA - Lembaga Administrasi Negara (LAN) akan terus meningkatkan pengelolaan anggaran. Lembaga tersebut memperoleh predikat sangat baik dan menempati peringkat 10 besar dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPB) Kementerian Keuangan .

"LAN akan terus meningkatkan kinerja pengelolaan anggaran LAN sebagai bentuk tanggung jawab penggunaan anggaran," kata Sekretaris Utama LAN Reni Suzana melalui pernyataan resmi, Senin (20/3/2023).



Dia mengatakan LAN memiliki pengkoordinasian serta sistem pengawasan yang baik selama pelaksanaan anggaran. Dalam pengelolaan anggaran, sistem pengawasan yang ketat diperlukan agar tidak terjadi kesalahan atau penyalahgunaan, sehingga anggaran dapat dikelola dengan baik dan tidak terjadi kesalahan.

"Ini merupakan hasil kerja keras dan dedikasi dari seluruh pegawai LAN yang terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pengelolaan anggaran. LAN memiliki tanggung jawab untuk mengelola anggaran yang di dapat dengan baik sehingga setiap rupiah uang negara yang dikeluarkan dapat memberikan dampak sesuai dengan tugas dan fungsi LAN," jelasnya.



Sebagai informasi, penilaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran LAN dilakukan oleh Kementerian Keuangan sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 195/PMK.05/2018 tentang Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Belanja K/L. Di mana penilaian itu sendiri dilakukan melalui Aplikasi Online Monitoring-Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (OMSPAN).

"Dalam meraih 10 besar dengan nilai IKPA terbaik ini, LAN telah memenuhi tiga aspek pengukuran yang terdiri dari delapan indikator kinerja yang di tetapkan oleh Kemenkeu. Ketiga aspek itu adalah kualitas perencanaan anggaran, kualitas pelaksanaan anggaran, dan kualitas hasil pelaksanaan anggaran," tutur Reni.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1382 seconds (0.1#10.140)