Mengatur Arus Mudik 2023, BPJT Pakai Skema Baru Rekayasa Lalin Jalan Tol

Kamis, 23 Maret 2023 - 12:03 WIB
loading...
Mengatur Arus Mudik 2023, BPJT Pakai Skema Baru Rekayasa Lalin Jalan Tol
Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Danang Parikesit mengatakan, pengaturan rekayasa lalulintas akan dibuat lebih dinamis dibandingkan dengan sebelumnya untuk mendukung kelancaran arus mudik 2023. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit mengatakan, pengaturan rekayasa lalulintas (lalin) akan dibuat lebih dinamis dibandingkan dengan sebelumnya untuk mendukung kelancaran arus mudik 2023 .



Jika sebelumnya rekayasa lalulintas dialkukan berdasarkan prediksi hari yang menjadi puncak arus mudik. Namun saat ini akan berdasarkan V/C Ratio (Volume/Capacity dan Ratio) kendaraan di jalan tol. Jika menyentuh level tertentu, makan rekayasa lalulintas akan segera dilakukan.

"Kita sediakan data, baik untuk jalan tol ataupun di pelabuhan menggunakan standar V/C Ratio, jadi begitu menyentuh level 0,7, maka akan ada rekayasa lalulintas," kata Danang saat ditemui MNC Portal di usai diskusi bersama INSTRAN di Century Hotel Jakarta, Selasa (23/3/2023).



Danang menjelaskan, setiap peningkatan level V/C Ratio pihaknya akan menyerahkan data ke pihak kepolisian untuk segera menerapkan rekayasa lalulintas. Setiap perubahan level V/C Ratio akan selalu mengalami perubahan rekayasa lalulintas.

Contohnya, pada hari berada di level normal, belum dilakukan rekayasa lalulintas. Kemudian di siang hari volume kendaraan menyentuh angka V/C Ratio, maka pihak kepolisian akan melakukan contra flow. Sedangkan pada sore hari, ternyata volume kendaraan terus bertambah hingga menyentuh level kelipatan V/C Ratio, maka langsung bisa langsung dilakukan one way.

Namun pihak kepolisian membutuhkan waktu selama 2 jam setelah data volume lalulintas yang diterima dari BUJT untuk melakukan atau merubah rekayasa lalulintas di jalan tol.

"Ada Threshold tertentu, begitu dia menyentuh langsung ada rekayasanya lalulintas, nyentuh lagi, akan diganti, tapi dengan waktu transisi selama 2 jam," kata Danang.

"Jadi kita sangat dinamis, kalau kemarin kan ditetapkan harinya, tapi kalau sekarang itu bukan berdasarkan harinya, jadi berdasarkan data yang di collect oleh badan usaha jalan tol yang kita kirimkan ke korlantas," pungkasnya.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan memproyeksikan jumlah kendaraan yang akan melakukan mudik lebaran di tahun 2023 ini akan meningkat signifikan dari tahun sebelumnya 80 juta orang, tahun ini diproyeksikan jumlahnya mencapai 123 juta orang. Angka tersebut hampir setara 48% dari populasi yang ada di Indonesia.

Sedangkan untuk masyarakat yang melakukan mudik menggunakan kendaraan pribadi, berdasarkan riset Kemenhub sebanyak 25% dari total proyeksi tersebut akan menggunakan kendaraan pribadi.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1410 seconds (0.1#10.140)