5 Cara Agar Tidak Jatuh Miskin di Tengah Pandemi

Minggu, 19 Juli 2020 - 00:19 WIB
loading...
5 Cara Agar Tidak Jatuh Miskin di Tengah Pandemi
Virus Corona atau Covid-19 membuat ketidakpastian di perekonomian, dimana tingkat kemiskinan diperkirakan akan meningkat. Sebagai informasi, Bank Dunia memproyeksikan jumlah penduduk miskin di dunia bisa mencapai 120 juta orang. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Virus Corona atau Covid-19 membuat ketidakpastian di perekonomian, dimana tingkat kemiskinan diperkirakan akan meningkat. Sebagai informasi, Bank Dunia memproyeksikan jumlah penduduk miskin di dunia bisa mencapai 120 juta orang.

(Baca Juga: 5 Langkah Atur Keuangan Pribadi di Era New Normal )

Perancang Keuangan Eko Endarto mengatakan, merancang keuangan dengan tepat menjadi kunci utama dalam menghadapi ancaman melemahnya ekonomi yang tampak nyata dan momok kemiskinan pun membayangi golongan aspiring middle class. Padahal, kelas menengah (middle class) adalah golongan yang hidupnya serba berkecukupan dan berada dalam kondisi yang layak.

"Perencanaan keuangan menjadi salah satu cara melindungi keluarga dari kemungkinan terburuk yang kapan saja bisa menghantam kondisi keuangan," ujar Eko saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Sabtu (18/7/2020).

Berikut cara agar tidak jatuh miskin dari Perancang Keuangan Eko Endarto:

1. Jauhkan dari Pikiran Mental Miskin

Seperti pernyataan Jack Ma, orang terkaya di China. Ia pernah mengatakan bahwa orang yang paling buruk untuk dilayani adalah orang-orang dengan mental miskin.

Pasalnya, orang dengan mental miskin kebanyakan gagal karena memiliki kesamaan perilaku yakni seluruh hidupnya hanya untuk menunggu. "Jangan sampai menunggu, tapi kejar hasil dalam kesuksesan dalam bekerja," jelasnya.

2. Jangan Berhenti Mendesak Dirimu untuk Sukses

Banyak orang membayangkan bahwa ketika mereka kaya, mereka akan berhenti bekerja dan menikmati hidupnya bersantai di pantai atau hanya sekedar melakukan hobi sepanjang hidupnya. Mungkin karena itu tidak banyak orang yang kaya raya ya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1961 seconds (0.1#10.140)