Pertumbuhan Diprediksi Hanya 2,9 Persen, IMF Minta Dunia Waspada

Senin, 27 Maret 2023 - 07:01 WIB
loading...
Pertumbuhan Diprediksi Hanya 2,9 Persen, IMF Minta Dunia Waspada
IMF meminta dunia meningkatkan kewaspadaannya terhadap stabilitas keuangan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kepala International Monetary Fund ( IMF ) Kristalina Georgieva mengatakan, risiko terhadap stabilitas keuangan telah meningkat. IMF pun memperkirakan pertumbuhan ekonomi dunia hanya mencapai 2,9% pada tahun ini.



Lembaga itu dijadwalkan akan merilis perkiraan ekonomi baru bulan depan. Pertumbuhan ekonomi yang melambat disinyalir terjadi karena beberapa faktor, yakni kondisi pasca-pandemi, perang antara Rusia dan Ukraina, dan adanya kebijakan pengetatan moneter.

“Kami menyerukan kepada negara-negara untuk meningkatkan kewaspadaan yang berkelanjutan, walaupun akhir-akhir ini tindakan yang dilakukan oleh negara maju berhasil dalam menahan gejolak, kita harus tetap waspada,” ujar Kristalina Georgieva, dilansir Reuters Senin (27/3/2023).

Dalam China Development Forum, Georgieva mengatakan prospek ekonomi akan jauh lebih baik untuk 2024, namun pertumbuhan global akan tetap jauh di bawah rata-rata historisnya sebesar 3,8% dan prospek keseluruhan tetap lemah.

Kewaspadaan tersebut harus dimiliki oleh negara-negara yang memiliki kerentanan yang tinggi dari dampak perlambatan ekonomi global dan krisis yang akhir-akhir ini terjadi pada lembaga perbankan. Negara tersebut adalah negara-negara dengan penghasilan rendah namun dengan utang yang tinggi.

"Jadi, kami terus memantau perkembangan dengan cermat dan menilai implikasi potensial untuk prospek ekonomi global dan stabilitas keuangan global, khususnya bagi negara-negara yang rentan," imbuhnya,

Dia juga memperingatkan, fragmentasi geo-ekonomi dapat membagi dunia menjadi blok ekonomi yang bersaing, pada akhirnya akan menghasilkan perpecahan yang berbahaya dan membuat semua orang lebih miskin pada posisi yang rentan dan kurang aman.

Di tengah perlambatan tersebut, Georgieva mengatakan adanya pemulihan ekonomi China yang kuat, dengan proyeksi pertumbuhan PDB sebesar 5,2% pada tahun 2023. China diperkirakan akan mencapai sekitar sepertiga dari pertumbuhan global pada tahun 2023.

IMF memperkirakan bahwa setiap peningkatan 1 poin persentase dalam pertumbuhan PDB di China menghasilkan kenaikan 0,3 poin persentase dalam pertumbuhan ekonomi Asia lainnya. Dengan demikian, lembaga tersebut mendesak pembuat kebijakan di China untuk meningkatkan produktivitas dan menyeimbangkan kembali ekonomi dari investasi untuk menuju pertumbuhan yang didorong oleh konsumsi yang lebih berkelanjutan, termasuk melalui reformasi berorientasi pasar untuk menyamakan kedudukan antara sektor swasta dan perusahaan milik negara.



“Reformasi semacam itu dapat mengangkat PDB riil sebanyak 2,5% pada tahun 2027, dan sekitar 18% pada tahun 2037,” pungkasnya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2786 seconds (0.1#10.140)