Profil Zainudin Amali, Komisaris Bank Mandiri yang Rangkap Jabatan Waketum PSSI

Selasa, 28 Maret 2023 - 08:08 WIB
loading...
Profil Zainudin Amali, Komisaris Bank Mandiri yang Rangkap Jabatan Waketum PSSI
Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali (kiri). Foto/MPI/Aldhi Chandra
A A A
JAKARTA - Sosok Zainudin Amali mungkin sudah tak asing bagi sebagian masyarakat Indonesia. Beberapa waktu lalu, namanya sempat menjadi bahan perbincangan hangat pasca ditunjuk sebagai Komisaris Bank Mandiri.

Sebelumnya, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2023 pada Selasa (14/3). Adapun salah satu agendanya adalah perubahan pada susunan direksi dan komisaris.

Pada salah satu keputusannya, pemegang saham menunjuk mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali untuk mengisi jabatan komisaris.

Berdasarkan pantauan di laman resmi Bank Mandiri, Sabtu (25/3/2023), saat ini nama Zainudin Amali telah tercantum pada bagian Dewan Komisaris, tepatnya sebagai Komisaris Independen bersama Muliadi Rahardja dan Heru Kristiyana. Lantas, siapakah sebenarnya sosok Zainudin Amali ini? Simak profilnya berikut ini!

Profil Zainudin Amali

Zainudin Amali dikenal sebagai seorang politikus sekaligus pengusaha nasional. Pada era pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin, dia ditunjuk untuk mengisi posisi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

Dalam riwayatnya, dia juga diketahui sebagai seorang politikus dari Partai Golkar. Pria kelahiran Gorontalo, 16 Maret 1962 ini pernah menduduki sejumlah posisi penting di partainya.

Di antaranya sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Golkar periode 2015-2016, hingga Ketua DPP Partai Golkar periode 2014-2019. Tak hanya itu, Zainudin juga beberapa kali menempati kursi anggota DPR RI.

Memiliki karier yang terbilang moncer, Zainudin Amali memiliki latar belakang pendidikan di Akademi Perbankan dan Akuntansi Jakarta. Setelahnya, dia melanjutkan studi ke Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Swadaya Jakarta pada 1992.

Gelar Magister Kebijakan Publik didapat dari Universitas Prof. Dr. Moestopo, Jakarta. Sedangkan gelar Doktor di Bidang Ilmu Pemerintahan diraih di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Jakarta.



Kemudian, pada Agustus 2022 lalu, Zainudin dikukuhkan sebagai Profesor Kehormatan bidang Ilmu Kebijakan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang (UNNES).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1654 seconds (0.1#10.140)