BI Perluas Transaksi QRIS Antarnegara, Jajan di Luar Negeri Bisa Pakai Rupiah

Selasa, 28 Maret 2023 - 14:55 WIB
loading...
BI Perluas Transaksi QRIS Antarnegara, Jajan di Luar Negeri Bisa Pakai Rupiah
Bank Indonesia (BI) akan memperluas kerja sama transaksi QR Code lintas negara. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
NUSA DUA - Bank Indonesia (BI) akan memperluas kerja sama transaksi QR Code lintas negara atau Cross-Border QR Payment di sejumlah negara ASEAN. Indonesia sebelumnya telah mengimplementasikan transaksi QRIS lintas negara dengan Thailand.

"Thailand dan Indonesia sudah terhubung dengan QR fast payment dan akan ada juga Malaysia, Singapura, dan yang akan menyusul Filipina akan bergabung," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo dalam acara High Level Seminar From ASEAN to The World: Payment System in the Digital Era di Nusa Dua, Selasa (28/3/2023).



Dia mengatakan BI juga menjajaki kerja sama transaksi QR dengan India, Jepang, China hingga Arab Saudi. Menurut dia melalui transaksi QR Code tersebut memberikan banyak kemudahan, yaitu tak perlu menukarkan uang rupiah bisa langsung transaksi melalui handphone.

Perry juga memberikan contoh kemudahan lain seperti jajan makan di restoran hingga membeli buah di supermarket negara yang dituju dapat menggunakan QRIS.



"Transaksi finansial dan ekonomi lintas batas ini hanya sebatas sentuhan smartphone saja. Sekarang ke Thailand ke Chiang Mai bermain golf di sana tak perlu membayar dengan Baht cukup lewat smartphone," ucap Perry.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3865 seconds (0.1#10.140)